Mohon tunggu...
Elang ML
Elang ML Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Hukum Univeristas Indonesia 2016

Mahasiswa yang kadang-kadang menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Pertama Kali Miliki Motor 2-Tak, Apa Saja yang Perlu Dibiasakan?

5 Agustus 2020   00:22 Diperbarui: 11 Agustus 2020   02:48 320 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertama Kali Miliki Motor 2-Tak, Apa Saja yang Perlu Dibiasakan?
Motor 2-Tak: Instagram @elangawur

Tahun ini adalah tahun ke lima saya menggunakan motor dua tak, selama lima tahun itu tentu saya melakukan dan menemukan berbagai keputusan seputar motor dua tak yang bikin menyesal soal pemakaian, perawatan, sampai modifikasi. 

Dari pengalaman lima tahun tersebut tentu banyak hal yang bisa dibagi untuk mencegah Anda melakukan hal-hal konyol yang pernah saya lakukan terhadap RX-King saya, atau pengalaman buruk dari kawan-kawan saya sesama pengguna motor 2-Tak. Oke, lantas kalau mau pakai motor 2-Tak pertama kali, setelah menggunakan motor 4-Tak apa sih yang harus dibiasakan?

"Jambakan Setan"
Jambakan setan adalah terminologi yang sering sekali digunakan para fanatik 2-Tak, maksudnya apa sih? Jambakan setan adalah ketika motor 2-tak berada di RPM optimumnya untuk mendapatkan tenaga, tergantung motor dan modifikasinya biasanya jambakan setan dimulai pada 7000 RPM. 

Jadi kalau melihat spesifikasi tenaga motor 2-Tak besar, sebenarnya tenaga tersebut hanya terasa di RPM tertentu. Bahasa kerennya: power band dari motor 2-Tak cenderung jauh lebih sempit dibandingkan motor 4-Tak.

Terus kalau di bawah 7000 RPM gimana? To be honest, motor 2-Tak ngga enak, menurut saya menggunakan motor 4-Tak 150cc seperti V-Xion di jalan padat masih lebih enak dan responsif dibandingkan Ninja 150 atau RX-King. 

Ketika bertemu jalan kosong dan digas sampai RPM tinggi, baru motor 2-Tak terasa tenaganya dimana mesin jadi sangat bertenaga dan terasa menjambak. Nah, yang tidak biasa mungkin akan kagok karena motor yang bolot tiba-tiba jadi sangat liar. Mungkin tidak sampai jatuh sih, tapi sebelum mencoba ada baiknya untuk tahu.

"Ngejammed"
Ngejammed adalah ketika motor tiba-tiba berubah jadi jamet wkkwkwkw.

"Ngejammed" terjadi karena pemuaian logam, kalau sudah sedemikian parah piston akan nyangkut di silinder. Kalau sudah terjadi motor biasanya langsung turun mesin karena biasanya silinder, piston, atau keduanya baret atau kadang juga merambat ke pen piston atau kruk-as.

Sebenarnya "ngejammed" atau ngancing tidak hanya di motor 2-Tak, kalau teralu panas motor 4-Tak juga bisa ngancing, tapi jauh lebih jarang. Motor 2-Tak sangat rawan ngancing meskipun belum dioperasikan dalam waktu yang lama. 

Pada mesin 4-Tak yang pelumasan didukung pompa oli yang akan terus menyemprot oli sesuai dengan putaran mesin. Sementara permasalahan fundamental mesin 2-Tak adalah pasokan oli sampingnya yang tergantung bukaan gas, jangan lupa oli samping yang berfungsi sebagai pelumas bercampur dengan bensin. 

Itulah kenapa, kasus "ngejammed" di motor 2-Tak umumnya terjadi justru ketika deselerasi atau turunan bukan saat mesin digas, kok bisa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN