Mohon tunggu...
Elang Maulana
Elang Maulana Mohon Tunggu... Petani
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hanya manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat, bagi diri dan orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Umar, Bayi Pertama Lahir dari Ibu Positif Corona di Arab Saudi

11 April 2020   11:57 Diperbarui: 14 April 2020   13:54 48 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Umar, Bayi Pertama Lahir dari Ibu Positif Corona di Arab Saudi
Ilustrasi bayi. (Foto: Okezone)

KELAHIRAN adalah anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa bagi semua hambanya di muka bumi. Kelahiran juga merupakan bentuk amanah dariNYA terhadap seluruh orang tua untuk senantiasa menjaga, mengurus dan mendidik si jabang bayi agar kelak diharapkan menjadi manusia berguna bagi bangsa, agama dan lingkungan sekitar.

Namun, disaat dunia tengah dihadapkan pada masalah pandemi global virus corona atau COVID-19, telinga kita seolah sudah terbiasa memdengar kata kematian yang diakibatkan oleh keganasan virus asal Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China tersebut.

Betapa tidak, sejak virus ini merebak bulan Januari 2020 lalu, lebih dari 100 ribu jiwa melayang yang tersebar di seluruh dunia. Belum lagi yang terinfeksi oleh virus corona ini menembus angka  lebih dari 1,6 juta orang.

Ya, virus corona tak ubahnya malaikat pencabut nyawa. Setiap harinya selalu ada saja kematian gara-gara terjangkit virus ini.

Meski demikian, selalu ada mujijat di dunia ini jika Tuhan yang Maha Esa menghendaki. Contohnya terjadi di Arab Saudi, telah lahir seorang bayi laki-laki dengan selamat, dari seorang ibu yang terinfeksi virus corona. Bayi itu diberi nama Umar.

Umar tercatat sebagai bayi pertama yang lahir dari seorang perempuan yang positif terinfeksi virus corona. Dilansir Inews.id, perempuan asal Afganistan ini melahirkan Umar di Kota Madinah.

Umar itu dilahirkan di Rumah Sakit Uhud, Madinah, Kamis (9/4/2020) waktu setempat. Peristiwa ini dianggap sebagai kasus pertama di Arab Saudi untuk bayi yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi Covid-19.

"Perempuan Afghanistan itu datang ke Rumah Sakit Uhud pada 6 Sya'ban (30 Maret) dan menunjukkan gejala virus corona," ungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Muayyad Abunq, kepada televisi pemerintah seperti dikutip Alarabiyah, Sabtu (11/4/2020).

"Dia (perempuan itu) diberi perawatan yang dibutuhkan dan melahirkan bayi laki-laki pada Hari Kamis yang dia beri nama Umar. Baik ibu maupun anak lelakinya, baik-baik saja dan dalam kondisi kesehatan yang baik," ucap Muayyad.

Seperti diketahui sejak mewabahnya virus corona di Arab Saudi. Otoritas setempat telah memberlakukan katantina wilayah di Kota Madinah. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Tidak hanya itu, sebelumnya pemerintah Arab Saudi juga pernah melakukan upaya pencegahan lainnya dengan cara menangguhkan sementara semua perjalanan umroh, termasuk kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah. 

Dalam hal ini Indonesia pun terkena imbasnya, puluhan ribu calon jemaah terpaksa batal berangkat.

Larangan atau penangguhan ibadah umroh ini diumumkan secara resmi oleh Kementrian Luar Negeri setempat di ahkir-akhir pemghujung bulan Februari 2020 lalu.

Kerajaan Arab Saudi juga menangguhkan izin masuk bagi siapapun di luar negeri itu yang memiliki visa pariwisata. Negeri kerjaan itu juga meminta warga tidak melakukan perjalanan ke negara di mana corona menyebar.

Sementara, untuk ibadah haji pun otoritas setempat belum mengkomfirmasi dengan pasti, bisa dilaksanakan atau tidak.

Salam

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x