Mohon tunggu...
Elang Maulana
Elang Maulana Mohon Tunggu... Dengan kata hidup lebih bermakna

Hanya manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat, bagi diri dan orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

6 Fakta Menarik Ini Akan Terjadi di Liga Primer Inggris, jika...

21 Maret 2020   15:15 Diperbarui: 21 Maret 2020   15:32 71 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Fakta Menarik Ini Akan Terjadi di Liga Primer Inggris, jika...
Liputan6.com


BENCANA pandemi virus covid-19 atau lebih dikenal dengan sebutan virus corona tidak bisa dipungkiri telah memporak porandakan hampir seluruh aktifitas, termasuk dunia olahraga khususnya kompetisi liga sepak bola di hampir seluruh negara.

Maaf, bukan mengecilkan cabang-cabang olahraga lainnya, tapi patut diakui berhentinya roda kompetisi liga sepak bola di berbagai negara terutama di liga-liga top eropa cukup mendapatkan perhatian serius sejumlah kalangan dan paling banyak diperbincangkan.

Hal lumrah, mengingat cabang olah raga yang satu ini merupakan olah raga yang paling populer dan sangat digandrungi oleh hampir seluruh lapisan masyarakat dunia.

Negara adidaya Amerika Serikat saja yang beberapa tahun lalu cenderung lebih memprioritaskan bola basket, tinju dan baseball, kini sudah memasukan sepak bola sebagai olah raga populer di Negeri Paman Sam tersebut. Itulah sepak bola yang sudah menjadi magnet kuat bagi masyarakat dunia.

Maka, sangat beralasan jika tiba-tiba kompetisi liga ini diberhentikan. Banyak pihak yang meradang dan kecewa. Tapi, apa hendak dikata, pandemi virud covid-19 telah meluluh lantakan semuanya.

Namun hal paling menarik diperbincangkan para pecinta sepak bola dunia tentu saja Liga Primer Inggris. Selain kompetisi liga sepak bola Negeri Ratu Elizabeth ini digadang-gadang sebagai liga sepak bola terbaik di dunia, juga ada pelakon lain yang menjadi bumbu, yakni Liverpool.

Ya, Liverpool menjelma jadi bumbu pemanis yang membuat Liga Primer lebih banyak diperbincangkan. Mengingat klub asal kota pelabuhan ini akan menjadi klub yang akan sangat dirugikan jika kompetisi liga dihentikan dan FA sebagai otoritas tertinggi sepak bola Inggris memutuskan tidak ada penentuan juara.

Kenapa pasukan Jurgen Klopp akan merugi jika liga dihentikan?
Pasalnya mereka hanya membutuhkan dua kemenangan atau enam poin tambahan untuk memastikan diri keluar sebagai juara Liga Primer Inggris. 

Dan, sangat besar kemungkinan enam poin tambahan itu akan mampu diraihnya mengingat sisa laga yang harus dimainkan masih cukup banyak, yakni sembilan pertandingan. Rasanya tidak terlalu sulit buat Mohamad Salah dan kawan-kawan mendapatkan enam poin tambahan dimaksud.

Kerugian lain yang akan ditanggung si merah (jukukan Liverpool) adalah mereka harus kembali puasa gelar, setelah terakhir kali meraka raih tiga dekade silam. Tepatnya pada musim kompetisi 1989/1990.

Kembali, kerugian Liverpool ini hanya akan terjadi jika FA memberhentikan liga dan memutuskan tidak ada penentuan juara untuk musim kompetisi 2019/2020.

Tapi, sementara ini FA belum memutuskan untuk memberhentikan jalannya kompetisi Liga Primer Inggris. Kebijakan yang baru diambil adalah memperpanjang penundaan kompetisi liga sepak bola kasta tertinggi Inggris ini hingga 30 April 2020.

Andai langkah yang diambil FA ini tidak ada perubahan, artinya kompetisi Liga Primer Inggris akan kembali bergulir pada awal-awal bulan Mei 2020 mendatang.

Nah, jika pada akhirnya roda kompetisi Liga Primer bisa dilanjutkan kembali, maka akan ada enam hal menarik yang bisa para penggemar sepak bola Inggris saksikan. Apa saja hal-hal menarik tersebut?

Dilansir BolaSport.com dari Daily Mirror, berikut ini 6 hal menarik jika Liga Inggris kembali bergulir:

Pertama tentu saja adalah Liverpool menjadi juara. Karena pasukan Jurgen Klopp ini adalah kandidat terkuat keluar sebagai kampiun di musim ini. Dengan keunggulan 25 poin dari peringkat kedua, Manchester City, si merah hanya butuh dua kemenangan atau enam poin tambahan.

Kedua adalah panasnya perebutan tiket liga champion eropa yang diyakini akan berjalan sengit. Boleh jadi, Liverpool, Manchester City, dan Leicester City, sudah hampir dipastikan akan mendapat tiket ke Liga Champions 2020-2021.

Tapi satu tiket sisa akan diperebutkan oleh 6 tim, yaitu Chelsea, Manchester United, Wolverhampton Wanderers, Sheffield United, Tottenham Hotspur, dan Arsenal.

Ketiga adalah upaya Manchester City bertahan di kompetisi eropa. Seperti diketahui Man City mendapat sanksi tidak boleh ikut bagian dalam kompetisi eropa untuk dua tahun kedepan akibat financil fair play. Saat ini, Manchester City sedang mengajukan banding atas tudingan tersebut.

Jika sanksi ini benar terjadi, maka tim lain di bawah Manchester City memiliki peluang besar tampil di Liga Champions musim depan.

Keempat adalah kemungkinan Burnley pecahkan rekor. Hal ini terjadi jika mereka mampu mengamankan minimal 15 poin dari 9 pertandingan terakhir mereka.

Kelima persaingan ketat terhindar dari degradasi. Bukan hanya persaingan untuk mendapatkan tiket lolos Liga Champions yang seru, tetapi upaya menghindar dari jurang degradasi pun juga memunculkan persaingan sengit.

Hingga kompetisi dihentikan sementara, belum ada tim yang dipastikan terdegradasi. Masih ada 6 tim yang berpotensi untuk terdegradasi, di mana Norwich City sebagai tim yang paling terancam.

Terakhir adalah perebutan sepatu emas atau topskor. Jamie Vardy memimpin daftar pencetak gol terbanyak musim ini dengan 19 gol diikuti oleh Pierre-Emerick Aubameyang (17 gol).

Di tempat ketiga ada dua nama lawas yang hampir tiap musim menghiasi papan top scorer, yaitu Sergio Aguero dan Mohammed Salah. Mereka sama-sama sudah mengemas 16 gol.

Itulah fakta-fakta menarik yang diharapkan bisa terjadi. Namun hal ini pun dengan catatan jika otoritas tertinggi Liga Primer Inggris tidak kembali membuat keputusan baru dan malanjutkan jalannya sisa kompetisi.

Awal Mula Liga Primer Dihentikan
Kompetisi sepak bola Inggris sebelumnya masih sempat bergulir, meski di sejumlah liga-liga negara lainnya sudah memutuskan untuk ditunda atau diberhentikan sementara. Sebut saja salah satu contohnya adalah kompetisi Liga Serie A Italia.

Namun akhirnya saat kompetisi Liga Primer Inggris memasuki pekan ke-29 ada beberapa klub yang mengkomfirmasi bahwa skuadnya ada yang positif terinfeksi virus corona. 

Seperti Lechester City ada tiga pemainnya yang terdampak. Hal ini diumumakan langsung oleh pelatihnya, Brendan Rodgers pada sesi jumpa pers.

Terus lagi, pelatih muda Arsenal, Mikeel Arteta juga dikomfirmasi positif terinfeksi virus serupa. Demikian pula dengan salah seorang punggawa Chelsea, Hudson Odoi.

Mengingat hal tersebut berdasarkan hasil rapat dan keputusan bersama stake holder Liga Primer Inggris dan peserta kompetisi domestik lainnya, FA memutuskan seluruh roda kompetisi diberhentikan sementara hingga 3 April 2020. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona lebih masif.

Namun dalam prosesnya, virus corona yang menyerang Negeri Ratu Elizabeth ini masih belum bisa dikendalikan dengan optimal dan mengganggu kehidupan. 

Hingga akhirnya FA berdasarkan kesepakatan bersama seluruh rangkaian kegiatan sepak bola Inggris diperpanjang masa penundaannya hingga 30 April 2020 mendatang.

Salam

VIDEO PILIHAN