Mohon tunggu...
Elang Maulana
Elang Maulana Mohon Tunggu... Petani
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hanya manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat, bagi diri dan orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Rumah Anda Ingin Bebas Banjir, Ini Tipsnya!

4 Januari 2020   16:08 Diperbarui: 4 Januari 2020   16:25 184 21 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumah Anda Ingin Bebas Banjir, Ini Tipsnya!
Merdeka.com

PADA awal tahun baru lalu, banjir mngepung wilayah Jakarta dan sekitarnya. Banjir sendiri terjadi karena guyuran curah hujan ekstreem yang terjadi sehari sebelum tahun baru, Selasa 31 Desember 2019 hingga Rabu pagi, (01/01/2019).

Akibatnya, menurut data teranyar yang dikeluarkan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) hingga pukul 10.00 WIB, korban meninggal mencapai 53 orang dan satu orang dinyatakan hilang. Sedangkan jumlah pengungsi akibat banjir dan longsor yang menerjang 103 kecamatan dan 277 kelurahan di Jakarta, Banten dan Jawa Barat sebanyak 1733.064 orang.

Tidak hanya masyarakat biasa yang kena imbas dari kepungan banjir tersebut,. Ramai diberitakan lewat media maisnstream, media daring ataupun media sosial, sejumlah artis dan publik figur pun tak luput menjadi korban banjir.

Padahal, rumah atau hunian mereka tentunya berada di pemukiman elite yang jauh dari bantaran sungai. Ketika akhirnya mereka juga tak luput terkena genangan banjir, menandakan bahwa bencana alam yang seolah telah menjadi agenda rutin di Jakarta ini cukup besar dan meluas kemana-mana.

Atau bisa jadi, ketika membangun atau membeli perumahan dimaksud, mereka kurang memperhatikan detil tentang wilayah dan perumahan tersebut. Rawan banjir atau tidak.

Sampai saat ini, pemerintah masih kebingungan bagaimana cara penanganan banjir yang kerap kali terjadi di ibu kota. Ini berarti, jika mengandalkan pemerintah mampu mengatasi banjir dalam waktu cepat, rasanya mustahil.

Untuk itu ada baiknya, kita sendiri yang berinisiatip membangun rumah yang bisa bebas dari ancaman banjir. Bagaimana caranya?

Menurut pengamat properti dari Savills Indonesia, Anton Sitorus, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam memilih hunian agar tidak rawan banjir.

Yang bisa dilakukan para pencari rumah, menurut Anton adalah melakukan riset sebanyak-banyaknya mengenai rumah yang hendak dibeli. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah lokasi rumah bebas banjir atau tidak.

"Jadi dipelajari daerah-daerah mana yang rawan banjir, kalau hujan besar airnya susah surut. Itu mesti kumpulkan informasi. Kemudian disesuaikan dengan kebutuhannya dia. Kalau dia ingin lokasi di mana, ya itu disesuaikan terhadap kondisi rawan banjir atau tidaknya," jelasnya.

Masih dijelaskan Anton, ada  hal yang harus diperhatikan oleh calon pembeli rumah. Yaitu, harus diketahui bagaimana cara pengembang dalam mengatasi banjir di perumahannya.

"Mesti dibedakan dengan daerah-daerah yang establish dengan daerah-daerah yang baru. Kalau yang baru tentu pengembang harus memperhatikan. Dan pembeli juga harus tahu," katanya.

"Contohnya dulu Jakarta Green City, itu kan daerah banjir. Tapi pengembangnya punya strategi bikin danau besar untuk nampung air. Jadi cara-cara seperti itu, dan pembelinya juga harus jeli. Cari informasi," tuturnya.


Wassallam

Referensi : satu, dua

VIDEO PILIHAN