Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Dengan kata hidup lebih bermakna

Hanya manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat, bagi diri dan orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

The Daddies Penyelamat Muka Indonesia

15 Desember 2019   20:12 Diperbarui: 15 Desember 2019   20:12 218 16 6 Mohon Tunggu...
The Daddies Penyelamat Muka Indonesia
Republika.co.id

PASANGAN ganda putra Indonesia, Mohamad Akhsan/Hendra Setiawan akhirnya mampu keluar sebagai juara BWF World Tour Finals 2019, setelah pada partai final mengalahkan pasangan Jepang,  Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dua set langsung, 24-22, 21-19 di Guanzhou, Cina.

Dengan kemenangan ini, berarti pasangan ganda putra yang dijuluki The Daddies ini berhasil memecahkan telur sekaligus mencetak sejarah. Pasalnya, sejak diselenggarakan BWF World Tour Finals pada tahun 2008, baru kali ini sektor ganda putra mampu dimenangkan oleh pebulutangkis Indonesia.

Tidak hanya mampu mencetak sejarah, The Daddies juga menjadi penyelamat muka Indonesia dari ancaman nir gelar. Apalagi, sebelumnya pada partai final tunggal putra, andalan Indonesia, Anthoni Sinosuka Ginting harus takluk dari pebulutangkis nomor satu dunia, Kento Momota dengan rubber game, 21-17, 17-21 dan 14-21. Dengan kekalahan ini semakin mempertajam rekor kemenangan Momota atas Ginting, menjadi 11-4.

Perjalanan The Daddies menuju puncak BWF World Tour Finals bisa dibilang tidak berjalan dengan mulus. Karena sebelum menapaki partai semi final dan final, pasangan ini sempat mengalami kekalahan di partai terakhir fase grup oleh pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, dua set langsung, 18-21, 18-21.

Beruntung, sebelumnya The Daddies mampu membenamkan perlawanan asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 21-19, 21-16. Selanjutnya, pada pertandingan kedua fase grup, pasangan Akhsan/Hendra sukses menaklukan pasangan Chinese Taipe, Lu Ching Yao/Yang Po Han dengan rubber set, 21-10, 15-21 dan 21-19.

Dengan hasil pertandingan di babak fase grup ini, menjadikan The Daddies lolos ke semi final dengan predikat runner up. Di partai semi final, kembali pasangan yang tidak bisa dibilang muda lagi ini berhadapan dengan pasangan Taiwan yang pernah mengalahkannya di fase grup, Lee Yang/Wang Chi Lin. Namun kali ini, mereka sukses membalas kekalahan pertamanya denga dua set langsung, 21-14, 21-9.

Sedangkan di partai puncak, seperti telah diketahui bersama, The Daddies akhirnya mampu keluar sebagai juara mengalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dua set langsung, 24-22, 21-19 sekaligus membalas kekalahan pasangan rekan satu negaranya, Kevin Sanjaya/Markus Gideon.

Bagi The Daddies, kemenangan di BWF World Tour Finals merupakan gelar prestisius ketiganya sepanjang tahun 2019. Sebelumnya, Mereka juga mampu menjuarai kejuaraan All England dan Kejuaraan dunia.

Wassallam

VIDEO PILIHAN