Mohon tunggu...
Ekrut Official
Ekrut Official Mohon Tunggu... EKRUT MEDIA OFFICIAL

Memberikan informasi lengkap seputar dunia kerja dan pengembangan karier.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Manfaat User Generated Content (UGC) bagi Brand

11 Mei 2021   15:21 Diperbarui: 19 Mei 2021   16:41 61 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat User Generated Content (UGC) bagi Brand
www.ekrut.com

User Generated Content (UGC) dapat menjadi salah satu cara dalam strategi marketingmu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan serta mendorong angka pembelian konsumen. 

Survey yang dilakukan oleh TurnTo Networks menyatakan bahwa 85% konsumen mengungkapkan bahwa konten UGC lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian mereka ketimbang email promosi ataupun iklan brand lainnya. 

Oleh karena itu, yuk kenali peran UGC yang terbukti efektif dalam strategi pemasaran brand!

Pengertian User Generated Content

User Generated Content atau lebih dikenal sebagai UGC merupakan salah satu jenis konten, baik itu berbentuk video, gambar, maupun teks yang membahas suatu produk atau brand yang diunggah dan dibagikan oleh konsumen melalui berbagai platform seperti media sosial.

Contoh dari UGC adalah review, komentar, blog, ataupun unggahan media sosial. Berbeda dengan endorse, UGC tidak berbayar alias gratis! Jadi kontennya sepenuhnya bergantung pada pelanggan yang membuat konten tersebut.

Peran UGC bagi sebuah brand

Nah, apa sih hal yang membuat UGC berperan penting dalam strategi marketing sebuah brand? Yuk, simak poin-poin berikut ini

  • Memiliki sifat autentik sehingga dapat mendorong pembelian konsumen

Karena konten yang dikeluarkan bukan berasal dari brand itu sendiri melainkan benar-benar opini dari pelanggan, konten UGC dianggap lebih autentik, jujur, dan tidak bias. Sehingga pelanggan lain yang melihatnya akan lebih mempercayai konten UGC tersebut dibandingkan konten yang diunggah oleh brand itu sendiri. 

Rasa percaya yang tumbuh nantinya pasti akan mendorong minat pelanggan untuk membeli produk yang dibahas di konten UGC tadi. Hayo ngaku, pasti kamu lebih percaya kalo lihat honest review dari pelanggan lain kan dibanding iklan dari brand?

Nah itu tadi, salah satu hal yang membuat UGC memiliki peran penting bagi sebuah brand!

  • Meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan

Selain dianggap memiliki sifat yang autentik, UGC juga dianggap dapat meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan. Pasalnya, UGC mendorong pelanggan untuk terus membicarakan, menggaungkan sebuah brand, menawarkan feedback, serta membuat pendapat dari para pelanggan didengar. Oleh karena itu, pastinya hal tersebut memberikan dampak bagi peningkatan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap sebuah brand.

Bahkan sebenarnya kamu dapat memanfaatkannya untuk membangun brand community jika kamu mengelolanya dengan tepat. Nantinya, brand community pastinya akan memberikan manfaat bagi strategi marketing kamu kedepannya. 

  • Menunjang strategi SEO

Konten UGC yang diunggah oleh para pengguna melalui blog tentunya akan memberikan backlink bagi brand. Selain itu, review positif yang diunggah juga dapat meningkatkan peringkat SEO yang berdampak pada peningkatan traffic organic pada situs brandmu!

  • Menghemat uang dan waktu

Konten UGC yang diunggah oleh para pelanggan dapat menjadi sumber konten berkualitas dan beragam yang dapat kamu manfaatkan dalam strategi pemasaranmu. Selain itu, UGC juga secara tidak langsung telah membantumu dalam memasarkan produkmu loh! Jadi pastinya kamu telah menghemat biaya dan waktu yang kamu keluarkan untuk strategi content marketing brand!

Ketahui 2 manfaat lainnya serta tips menggunakan UGC dalam strategi marketing melalui artikel ini.

VIDEO PILIHAN