Mohon tunggu...
Ekrut Official
Ekrut Official Mohon Tunggu... EKRUT MEDIA OFFICIAL

Memberikan informasi lengkap seputar dunia kerja dan pengembangan karier.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bukan Kopi, Ini Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja yang Ampuh

26 April 2019   14:48 Diperbarui: 26 April 2019   14:54 0 1 0 Mohon Tunggu...


Ngantuk saat bekerja harus dilawan agar pekerjaanmu tidak berantakan. Tapi, sebaiknya hindari minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Karena alih-alih menghilangkan kantuk, jadwal tidurmu justru bisa terganggu.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi ngantuk yang tepat. Catat, ya!

1. Tidur siang, dan tidur yang cukup

Jangan dihindari, cobalah menghadapi rasa kantukmu dengan tidur. Tak perlu berjam-jam, 5 hingga 25 menit sudah cukup. Selain dapat menghilangkan kantuk, tidur siang pada dasarnya memang bermanfaat untukmu.

Selain itu, cobalah untuk mengatur waktu tidurmu di malam hari. Kamu membutuhkan sekitar 7 hingga 8 jam waktu tidur per harinya.

2. Aktif bergerak

Saat aktif bergerak, tubuhmu akan menjadi lebih segar dan kamu pun menjadi lebih terjaga. Oleh karena itu, saat kantuk menyerang, cobalah untuk bergerak. Kamu bisa berjalan di sekitar kantormu, atau bahkan melakukan olahraga ringan. 

Kenali manfaat olahraga untuk pekerja kantoran. 

3. Minum air mineral

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan sehingga membuatmu mengantuk. Maka dari itu, coba minumlah banyak air saat rasa kantuk datang.

4. Ubah kegiatanmu saat ini

Rasa bosan dapat memicu kantuk. Jadi, cobalah untuk mengubah kegiatanmu saat ini agar kamu kembali segar.

Selain beberapa cara mengatasi ngantuk di atas, agar kondisimu saat ini tidak terulang lagi, cobalah untuk memerhatikan apa yang kamu makan.

Terkadang, apa yang kita makan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya kantuk. Misalnya saja, makan siang dengan jumlah porsi yang banyak, dan tinggi kadar karbohidrat dapat membuatmu mengantuk setelahnya.

Jangan lupa juga untuk sarapan. Pasalnya, sarapan dapat membantumu memberi suplai energi sehingga kamu tidak mudah lelah atau bahkan mengantuk. Kenali manfaat sarapan lainnya untuk pekerja kantoran.

Itulah beberapa cara mengatasi ngantuk yang bisa kamu lakukan. Lawan kantuk, agar pekerjaanmu menjadi lebih lancar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x