Mohon tunggu...
Ekriyani
Ekriyani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pembelajar di universitas kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Pisang Tergenang, Kudapan Nikmat Menceriakan Keluarga Tercinta

17 Februari 2021   18:07 Diperbarui: 18 Februari 2021   04:05 667
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat berjumpa kembali. Beberapa hari ini di sela kesibukan mengajar secara daring, saya masih menyempatkan diri untuk mengeksekusi bahan-bahan yang terdapat di kulkas. Walaupun sebenarnya isi kulkas tidak lah seberapa jumlahnya, karena saya memang belanja hanya seperlunya saja.

Daripada banyak belanja, apalagi bahan-bahan yang tidak tahan lama, dikhawatirkan akan membusuk seperti sayur mayur dan buah-buahan, bila tidak segera dimasak meskipun dimasukkan ke dalam kulkas. Sayang bukan?

Yang saya eksekusi adalah buah pisang. Kenapa harus pisang? Alasannya adalah kebetulan saya membeli 2 sisir pisang talas masih setengah matang yang lumayan murah harganya dari seorang kakek penjual buah keliling. Saya sengaja membeli pisang 2 sisir dan tanpa menawar harganya lagi. Hitung-hitung pula bisa bantu menghabiskan jualan sang kakek.

Pisang-pisang itu selain disuguhkan sebagai pelengkap makan keluarga, juga dibikin kue seperti roti pisang dan lempeng. Walaupun pisang sudah digunakan untuk hidangan pelengkap makan dan juga dibikin kue, tetap saja masih meninggalkan sisa pisang yang cukup banyak.

Mengingat pisang itu termasuk buah yang tidak bisa bertahan lama, yang mengakibatkan terlalu masak, sehingga kalau dimakan pun juga seakan tidak nikmat lagi. Jadi, saya pun berpikir kembali mau dibikin apa lagi ya?

Saya coba menanyakan ke anak-anak apakah mereka mau pisang goreng? Ternyata mereka kompak menggelengkan kepala tanda tidak ingin. Hem, saya berpikir lagi. Alhamdulillah tiba-tiba saja muncul ide bagaimana pisang itu disajikan secara bersaos.

"Pisang bersaos?" anak-anak pada terkejut.

"Apa ibu bisa?" tanya anak saya yang ketiga.

"Insya Allah, kita coba saja ya?" bujuk saya.

Sebagai awal percobaan, saya hanya menggunakan 3 buah pisang. Nah, sebagai saosnya, saya gunakan 1 sachet susu bubuk full cream yang dilarutkan dengan air hangat. Kemudian saya tambahkan lagi bahan lain berupa 1 sachet kental manis, dan sedikit tepung maizena.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun