Mohon tunggu...
Eko Yuniarsyah
Eko Yuniarsyah Mohon Tunggu... Civil/Structural Engineer

https://ekoyuniarsyah.home.blog/about/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

I Got Infected!

15 Mei 2021   19:50 Diperbarui: 16 Mei 2021   03:03 401 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
I Got Infected!
Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor menjadi rumah sakit (RS) khusus untuk pasien virus corona (Covid-19) sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemkes).(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Tidak terlalu jelas terinfeksi darimana, karena saya selalu ketat menjalankan protokol kesehatan. Tapi kalau dilihat kronologinya, kemungkinan saya terpapar pada minggu 25 April 2021.

Seperti biasa, Sabtu dan Minggu selalu saya manfaatkan untuk "safari" Ramadhan, yaitu shalat maghrib, isya, dan tarawih di masjid-masjid yang berbeda. Ini sudah saya lakukan sejak 2005, saat saya masih mahasiswa.

Hari Sabtu 24 April 2021, saya hanya di rumah karena ada deadline pekerjaan yang harus saya selesaikan. Barulah hari Minggu 25 April 2021, saya melakukan "safari".

Seingat saya, memang ada saat ketika saya sedikit abai terkait protokol kesehatan, yaitu saat memakan kurma yang disediakan masjid untuk berbuka puasa. Entah kurmanya terkena percikan air liur orang yang terinfeksi, atau pembungkusnya terkena sentuhan jamaah lain (yang saya perhatikan palah pilih, padahal isinya sama semua). Entahlah. Tapi rasa-rasanya, saat kondisi ini saya lengah.

Senin 26 April 2021, belum ada gejala, saya masih bisa beraktivitas normal.

Subuh Selasa 27 April 2021, saat bangun sahur badan demam dan kepala sakit. Karena saya pikir hanya demam biasa, saya hanya minum penurun panas setelah makan sahur. Hari itu, saya tetap berpuasa, meskipun sebagian besar waktunya dipakai untuk tidur.

Rabu 28 April 2021, kondisi semakin parah, badan terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, sensitivitas indra penciuman dan perasa berkurang.

Kamis 29 April 2021, saya sudah tidak kuat berpuasa, nafsu makan hilang, indra penciuman dan perasa tidak berfungsi. Makanan terasa pahit di lidah. Saya ke RS untuk swab PCR.

Jumat 30 April 2021 mual dan muntah, apapun yang masuk ke perut membuat perut mual dan akhirnya keluar lagi.

Sabtu 1 Mei 2021 saya mulai sedikit kesulitan bernapas, terutama saat menarik napas dalam. Sambil menunggu hasil swab PCR, saya juga test swab antigen karena ingin segera tahu hasilnya, dan sesuai dugaan (karena gejala khas covid hampir semua muncul), hasilnya positif. Hasil ini kemudian dikonfirmasi dengan hasil positif test swab PCR.

Ada banyak drama saat saya mengunjungi beberapa rumah sakit (nampaknya tetap tidak ada prosedur yang jelas meskipun wabah ini sudah berlangsung setahun lebih, bahkan RS rujukan sekalipun), sampai akhirnya saya diterima di RS Paru Rotinsulu Bandung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x