Mohon tunggu...
Humaniora

Tips Agar Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa

8 Juni 2016   04:19 Diperbarui: 8 Juni 2016   04:27 77 6 0 Mohon Tunggu...

Langkah yang harus anda lakukan agar puasa anda bisa kuat adalah :

1. Sahur Dekat Imsak

Kebanyakan orang (terutama cowok) malas buat tidur dulu sebelum sahur. Soalnya makan dan minum juga tidak enak kalau sambil terkantuk-kantuk kan? Nah tapi masalahnya, kalau sudah tidak kuat begadang kebanyakan orang langsung memilih sahur lebih cepat terus molor. Sahur terlalu cepat bakal bikin kamu letoy alias lemas bin loyo saat aktivitas.

Jadi sangat disarankan buat sahur dekat-dekat dengan waktu imsak. Kalau imsak jam setengah lima, sahur jam 3 berarti menyia-nyiakan. Kalau kamu mengisi “bekal” perut jam 4, kamu akan lebih tahan puasa ketimbang mereka yang sahur jam 3 (atau yang malah tidak sahur sama sekali).

2. Perbanyak Air Mulai Buka

Kebiasaan buruk kebanyakan orang yang berpuasa adalah makan terlalu banyak saat buka. Memang susah menahan godaan untuk makan seperti orang kesurupan setelah 12 jam lebih tidak menelan apa-apa. Tapi makan kebanyakan saat buka biasanya yang bikin kita tidak lagi punya tempat sama sekali untuk air di lambung kita.

Begitu bedug sudah diterjang, sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan kamu sebanyak yang kamu bisa. Jadi mulai dari buka, sebaiknya banyak-banyak minum air. Ini bukan cuma karena kamu kekurangan cairan saat puasa, tapi air yang kamu minum sampai sahur juga akan jadi bekal kebutuhan tubuh kamu saat puasa nanti.

3. Jangan Sahur Terlalu Banyak

Kali ini saya tidak bicara soal sains, jadi apa yang akan saya jelaskan berikut ini sama sekali cuma berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak ada dasar sainsnya sama sekali. Tapi saya yakin kamu juga pernah merasakan hal yang sama; makan terlalu banyak waktu sahur bikin makin cepat lapar saat puasa.

Secara logis, seharusnya makin banyak makan sahur berarti makin tahan lapar kan? Tapi logika “bekal” sederhana ini tidak bisa diaplikasikan di ritual puasa. Soalnya makin banyak “bekal” yang kamu masukkan ke perut waktu sahur semakin cepat juga kamu merasa keroncongan. Jangan tanya kenapa. Coba saja buktikan sendiri.

4. Makan Berkuah Saat Sahur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x