P3E Suma
P3E Suma Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Alamat Kantor: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17 Makassar Tlp. 0411-555701,702 Fax.0411-555703 Alamat Website: p3esuma.menlhk.go.id

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pertemuan Teknis Hasil Pengolahan dan Analisis Data RPSDALH Sulawesi

14 September 2018   15:35 Diperbarui: 14 September 2018   15:34 96 0 0

Pertemuan Teknis Hasil Pengolahan dan Analisis Data RPSDALH Sulawesi

P3E Suma-KLHK (Makassar, 14 September 2018)-Dilaksanakan Pertemuan Teknis Hasil Pengolahan dan Analisis Data Arahan Rencana Pengelolaan SDA dan LH (RPSDALH) terkait Isu Bencana Lingkungan di Gedung Rahamat Witoelar Ruang Bangun Praja P3E Suma, Jum'at (14/09/2018).

Tujuan dari kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari stakeholder terkait dalam upaya penajaman hasil pengolahan dan analisis data serta Arahan Rencana Pengelolaan SDA dan LH berbasis DDDTLH terkait isu bencana lingkungan (longsor dan banjir)

Penjelasan tentang pendekatan Arahan RPSDALH yang merupakan filosofi bekerja untuk mengeluarkan arahan yang bisa dimaanfaatkan oleh stakeholder khususnya di sektor, sehingga dengan demikian, P3E Suma sebagai penyusun dan peserta yang hadir di ruangan ini sebagai stakeholder dengan dukungan data, dan informasi  merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam penyusunan dokumen RPSDALH ini

Dihadiri oleh peserta dari Sek Bappeda Maros, DLH Maros, kasie P3HP, BPHP XIII MKS, DPLh Provinsi Sulsel, Litbang LHK Makassar, Puslitbang LH Unhas, Bappeda Sulsel, Dinas ESDM Sulsel, BPBD Maros, DLH Kota Makassar, Bappeda Sulsel, P3E Suma. Acara dibuka oleh Ir. Asnidar Adnan selaku Kepala Bidang Perencanaan Penegndalian SDA dan Lingkungan Hidup.

Dihadapan peserta Andi Asnidar Adnan, S.Hut, M.Hut memaparkan bahwa, "Integrasi rencana RPSDALH yang bisa dimanfaatkan untuk penyusunan RPPLH, dan kaitannya juga dalam pengusulan  dana DAK dan DEKON untuk poten-potensi kejadian bencana dilakukan di daerah sehingga penyalurannya dapat dilakukan secara tepat.katanya.

"Arahan RPSDALH di setiap sektor adalah ending dari setiap proses yang telah disusun tadi. Pada sektor kehutanan diarahkan pada pemulihan ekosistem pad daerah prioritas DAS terdampak bencana." Ungkap Asnidar.

"Sektor kehutanan banyak sekali berimplikasi terhadap ekologi, sehingga arahan bencana lingkungan di kehutanan  ini diarahkan pada daerah hulu yang memberikan dampak bencana banjir/ longsor pada daerah dibawahnya." Tegasnya.

Dijelaskan bahwa ada banyak sektor tapi pertambangan dan industri menjadi sektor prioritas dalam menjawab isu bencana lingkungan yang berdampak pada wilayah sektor tersebut

Arahan kehutanan terbanyak pada upaya rehabilitasi, arahan pertambangan di Provinsi Sulawesi Selatan isu paling banyak mendapat sorotan publik.

Ketika akan dibangun wilayah industri kita sudah memberi warning berdasarkan berbagai data ketika akan

Penjelasan tentang metodologi pengolahan dan analisis data.  Silahkan didebat dalam proses pertemuan hari ini untuk dapat kami jadikan sebagai evaluasi untuk perbaikan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dihasilkan ini.