P3E Suma
P3E Suma

Alamat Kantor: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17 Makassar Tlp. 0411-555701,702 Fax.0411-555703 Alamat Website: p3esuma.menlhk.go.id

Selanjutnya

Tutup

Komunikasi

DNS dan Webmail Menlhk.go.id Menjadi Identitas ASN KLHK

9 Mei 2018   10:28 Diperbarui: 19 Mei 2018   14:52 354 1 0
DNS dan Webmail Menlhk.go.id Menjadi Identitas ASN KLHK
Identitas ASN KLHK (dokpri/P3ESuma)

P3E Suma,KLHK (Makassar, 9/05/2018)-Pertemuan Kebijakan Pengelolaan Teknologi Informasi. Di kantor P3E Suma sebagai koordinator wilayah UPT Lingkup LHK Wil. Sulsel, pada Selasa, 8/05/2018 di buka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Muh. Abidin mewakili Kapus P3E Suma.

Kabid. Pengelolaan TI Pusdatin KLHK, Luhut P.Lumbon Gaol, ST,.M.Kom dan Kasubid. Keamanan Sistem Informasi, Ir. Joni Aliando, MM beserta tim IT dari Pusdatin KLHK dihadiri seluruh UPT Lingkup Sulsel. Dalam pertemuan tersebut disebutkan bahwa setiap Korwil dan UPT wajib memberikan informasi kepada publik melalui dunia maya.

Penyebaran informasi melalui sistem elektronik berbasis website dimaksudkan untuk memudahkan publik mendapat informasi dan data secara valid. Selain validasi data, sistem berbasis elektronik berbasis online yang uptudate, sangat bermanfaat untuk mengungkap kebenaran, memperkuat kredibilitas informasi dan menghindarkan opini-opini membingungkan. Salah satu sarananya adalah aplikasi database berbasis website agar mudah dijangkau masyarakat.

Identitas ASN KLHK (dokpri/P3ESuma)
Identitas ASN KLHK (dokpri/P3ESuma)
Sebagai identitas KLHK, P3E selaku Korwil dan UPT sewajibnya menggunakan DNS Server atau domain name server menlhk.go.id.

Bagi UPT yang belum/akan bermigrasi nama websitenya memakai menlhk.go.id segera bersurat agar subdomain dimigrasi tim IT dari Pusdatin menjadi menlhk.go.id, misalnya tnbabul.org akan dimigrasi menjadi tnbabul.menlhk.go.id. begitu pula dengan tntakabonerate.com diubah tntakabonerate.menlhk.go.id, setelah ada surat permintaan dari masing-masing UPT. Kelebihan menggunakan DNS ini selain gratis berlangganan domain name hosting juga memudahkan tim Pusdatin melacak website yang bermasalah akibat diretas atau hacker.

Dari pertemuan tersebut berbagai kendala mencuat dalam forum. Diantaranya; UPT yang sudah bermohon ke Pusdatin KLHK untuk diberikan space subdomain menlhk.go.id belum mendapatkan respons, sehingga mereka membuat website, domain name serta telah memiliki server sendiri.

Identitas ASN KLHK (dokpri/P3ESuma)
Identitas ASN KLHK (dokpri/P3ESuma)
Penggunaan email, selama ini menggunakan email populer yahoo dan gmail.com sesegera mungkin menggunakan webmail @menlhk.go.id, tentu sebelumnya didaftar secara kolektif dan bersurat secara resmi ditujukan kepada kepala Pusdatin KLHK.

Langkah ini untuk memudahkan memonitoring aktivitas penggunaan surat elektronik seluruh ASN di KLHK.

Untuk meningkatkan kapasitas SDM pengelola Website Korwil dan UPT Lingkup Sulsel, sekiranya perlu diadakan pelatihan pengelolaan website secara baik dengan bimbingan Pusdatin.

Anjuran bagi ASN KLHK untuk sering-sering juga mengakses website menlhk.go.id karena banyaknya informasi terupdate di website tersebut, mulai dari informasi umum mengenai KLHK, Simpeg, hingga akses untuk download e-book dari perpustakaan Emil Salim tentunya setelah bermohon ke Pusdatin. Bahkan pihak Pusdatin memberi aplikasi untuk pengembangan perpustakaan digital secara cuma-cuma alias gratis.

Teknologi informasi yang update mampu menyajikan data yang komprehensif dan membahas isu secara mendalam berdasarkan fakta berupa data. Informasi seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat di era keterbukaan informasi saat ini, bukan dengan "mengunci" sebuah informasi.