Mohon tunggu...
eko nopriyansa
eko nopriyansa Mohon Tunggu... saya adalah peminat studi agama-agama dan aktif menulis diberbagai jurnal ilmiah

saya adalah peminat studi agama agama dan filsafat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Menyingkapi Plagiaisme Dalam

6 April 2020   22:47 Diperbarui: 6 April 2020   22:53 1 0 0 Mohon Tunggu...

SEMAKIN BANYAK KUTIPAN SEHARUSNYA SEMAKIN BAGUS DAN BERKUALITAS, LOH..,LOH... KOK INI BISA SEMAKIN BANYAK PLAYGIAT, KENAPA YA. ??????
-Tentang Karya Ilmiah-

Sebelumnya, detektor PLAYGIAT Merupakan sebuah alat untuk mendeteksi originalitas tulisan kita. Dalam karya ilmiah yang dilakukan salah satunya adalah MENGUTIP bukan MENYALIN. Pada bagian inilah banyak diantara penulis yang melakukan kesalahan dalam memahami masalah sepele PLAYGIASme. sehingga teknik yang digunakan malah menambah masalah.

Contoh:
yang mau dikutip Buku HARMONISASI AGAMA DAN BUDAYA penulisnya ANDI terbit tahun 2019 yang mau dikutip berisi :

...Nilai Agama dapat mengubah sistem kebudayaan.

Kebanyakan penulis terjebak dengan cara mengutip seperti dibawah ini :

..oleh karena itu dapat dikatakan bahwah "Nilai Agama dapat mengubah sistem kebudayaan." (Andi: 2019 )

Hasilnya kalau di cek dengan alat detektor playgiat 60 persen dijamin tulisan kita playgiat, karna kata NILAI sampai KEBUDAYAAN masuk kolom MEREAH playgiat. karna kebanyakan buku populer sudah terlalu sering dikutip, coba bayangkan 100 juta lebih penduduk di indonesia?, apalagi kutipan yg 4 baris lebih, jadi gitas spanyol arsitektur tulisannya, jadi teknik seperti ini sebaiknya dihindarkan. okeee... Selanjutnya gimana?????

gunakan teknik mengutif tak langsung berdasarkan bahasa, model, dan karakter penulisan kita masing2 dengan corak analisis ilmiah seperti :

...Dalam pendekatan sejarah maupun tinjauan terhadap beberapa penelitiian akhir-akhir ini menunjukan bahwah "pergeseran ragam kebudayaan dipengaruhi oleh agama yang di anut oleh masyarakat pada kawasan tertentu."
(Andi: 2019).

Catatan: inilah pengutipan yang ideal, dan tidak terkesan hanya menyalin teks. tetapi yang harus di ingat jangan sampai mengubah subtansi sumber kutipan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x