Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Penulis - Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Herbal Warisan Leluhur Bangsa

20 Agustus 2021   19:02 Diperbarui: 20 Agustus 2021   19:05 85 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Herbal Warisan Leluhur Bangsa
Herbal warisan leluhur dokpri

Diskusi tentang Herbal sebagai upaya alternatif tetap sehat dimasa pandemi merupakan materi yang sangat menarik untuk dibahas. Keberadaan jamu herbal di Indonesia, diyakini sudah ada sejak jaman nenek moyang. Jamu herbal diyakini meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas. Pengetahuan tentang herbal ini merupakan warisan yang patut dihargai dan dilestarikan. 

Telah lama jamu herbal dilupakan penggemarnya dan dianggap kuno. Padahal dengan jamu herbal ini mampu meningkatkan imunitas tubuh, terutama meningkatkan kapasitas tubuh kita menghadapi dampak pandemi covid 19. Berikut mari kita ulas Manfaat Minuman Herbal untuk Kesehatan. Sumbangsih bahan bahan herbal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Minuman herbal yang mengandung jahe atau temulawak dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena sifat antiinflamasi dan minyak esensial yang terkandung di dalamnya dapat melawan bakteri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Minuman herbal yang mengandung lidah buaya, jahe, atau daun sirih berkhasiat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat meredakan gejala radang usus, seperti kram perut dan diare berdarah, sedangkan daun sirih dapat mengatasi gangguan pencernaan.

3. Mencegah diabetes

Ada beberapa bahan dalam minuman herbal yang diketahui bermanfaat untuk mencegah diabetes, seperti kayu manis, bunga krisan (chrysanthemum), kunyit, kencur, dan jahe.

Selain itu, bahan-bahan herba ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita kencing manis.

4. Meredakan keluhan datang bulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan