Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Atasi Laptop Lemot, Ini Caranya

12 Juni 2021   22:43 Diperbarui: 12 Juni 2021   23:25 189 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atasi Laptop Lemot, Ini Caranya
Olahan pribadi Eko Irawan

Sebagai penulis, laptop adalah sahabat digital sehari hari. Saat lagi deadline tulisan, tiba tiba laptop lemot, adalah kendala teknis yang sering kita alami. Jujur kita hanya user alias pemakai tekhnologi. Tehnik tehniknya kita kadang tidak paham alias gaptek. Apa yang harus dilakukan? Berikut cara mengatasi laptop lemot ala saya. Semoga menginspirasi.

Tujuan pakai Laptop 

Saat beli laptop, apa sih tujuanmu? Ini penting, karena didalam laptop sudah ada banyak program dan software yang siap digunakan. Kadang kita meng-install software lainnya, agar kita bisa maksimal menggunakan laptop untuk mendukung kinerja kita. 

Bagi yang punya duit, beli laptop baru adalah hal gampang, namun bagaimana jika laptop kita jadoel dan kita paksakan kerja maksimal, sementara belum ready duit untuk beli yang terbaru. Jadilah kita bekerja dengan laptop yang lemot. Inilah suka suka bekerja dengan laptop. 

Apapun tujuannya, punya laptop dan bekerja dengan laptop bukan sekedar lifestyle, namun sudah kebutuhan. Saat membeli, tentunya cita citanya awet, fungsional dan bisa mendukung kinerja secara maksimal. Saat membeli juga tergantung anggaran yang kita punya. 

Cara kita memakai laptop 

Saat kita membuat artikel, kita mulai membuat file kerja. Kita juga browsing file pendukung. Kita download dan kita kumpulkan dalam memori laptop. Agar tak jenuh, kita download film dan lagu. Kita kadang juga download aplikasi game dan beberapa aplikasi fungsional pendukung project kita. 

Semakin hari file dokumen, word, pdf, foto, fideo dan game semakin menumpuk. Kadang folder c yang seharusnya longgar karena berisi file sistem, jadi tiba tiba penuh. Untuk mencari file, jadi tambah sulit, karena file sudah full dan kinerja laptop melemah. Gejala lemot dan lama loading pun terjadi. 

Secara tak sadar kita menumpuk file begitu banyaknya dan sekalipun itu sudah tidak dibutuhkan, ternyata masih menumpuk dan sayang untuk dihapus. Laptop bekerja seperti otak manusia bekerja. Pada manusia, semakin banyak beban yang dipikirnya, praktis otaknya lemot. Laptop juga demikian. Jadi lemot tidaknya laptop kita, tergantung cara kita menggunakan dan kembali pada tujuan awal menggunakan laptop. Jika itu laptop untuk kerja, tapi kebanyakan aplikasi game yang memakan memori, saat digunakan untuk kerja tentunya juga akan lemot. Untuk mengatasinya, secara spesifik, bertanyalah pada yang ahli atau temukan tutorialnya di google. 

Tips atasi laptop lemot.

1. Sekali waktu, bawalah laptopmu untuk diservice ke gerai resmi leptop terpercaya. Coba cek kipas, kondisi keyboard dan jika memungkinkan upgrade hardware. Juga update software terbaru sesuai tujuan dari laptop itu sendiri. Hal hal yang tidak bisa anda kerjakan sendiri, serahkan pada ahlinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x