Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mlijo, Entrepreneur Keliling Kampung

27 Februari 2021   14:28 Diperbarui: 27 Februari 2021   14:54 82 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mlijo, Entrepreneur Keliling Kampung
Olahan pribadi, sumber foto Facebook Suad Zafjava

Di daerah Malang Raya, profesi ini disebut Mlijo. Di daerahmu disebut apa?

Mlijo adalah profesi yang layak disebut entrepreneur, dan inilah yang selalu ditunggu tunggu ibu ibu rumah tangga untuk belanja sayur mayur dan lauk pauk.

Profesi ini tetap laju ditengah dampak pandemi covid 19. Sekalipun dalam segala pembatasan, urusan perut tetap jadi kebutuhan.

Kehadiran mlijo dikampung kampung sangat membantu ibu ibu yang malas belanja ke pasar. Cukup ditunggu didepan rumah, mas mlijo ini selalu datang. Ada yang datang pagi, ada yang datang sore. Rata rata profesi ini dijalani laki laki. Ada juga yang perempuan, tapi dari pengamatan saya, ternyata profesi mlijo keliling diambil para laki laki. Baru mlijo yang menetap disatu lokasi, terutama dirumah sendiri dijalani oleh perempuan.

Harga yang ditawarkan juga tidak jauh dari harga umum dipasaran. Mereka pagi buta sudah ke pasar induk untuk belanja, kemudian keliling ke kampung kampung. Kasihan juga jika ibu ibu yang belanja, ternyata ada yang hutang belanja. Kalau dipikir dalam, sama sama kasihan juga. 

Sejak covid melanda, kemampuan ekonomi banyak keluarga banyak yang runtuh, sehingga banyak ibu ibu yang kesulitan mencukupi kebutuhan pangan keluarga. Para mlijo yang memberikan peluang hutang, ternyata lebih laris dibanding mlijo yang cash, ada uang ada barang.

Tentunya ada kesepakatan dan mereka saling kenal sehingga sama sama menolong dan tidak saling merugikan. Biasanya pas gajian, hutang ini dibayar lunas. Begitu perputarannya.

Mlijo adalah para pejuang keluarga yang berjiwa entrepreneur. Mereka bergerak, dan bukan menunggu lamaran kerja diterima disuatu perusahaan. Mlijo adalah entrepreneur yang keliling kampung mencukupi kebutuhan ibu ibu rumah tangga. Apa yang dijual, bak toko berjalan. Lengkap, mulai dari buah, sayur, ikan, daging hingga bumbu.

Mereka membentuk jaringan pelanggan setia, dan setiap menjelang hari raya, mereka memberi persen, atau hadiah berupa alat alat rumah tangga. Kadang panci, teko atau piring. Tak semua mlijo seperti ini, tapi yang melakukannya adalah untuk menjaga kesetiaan belanja.

Mereka datang di kampung kampung dengan memberi tanda spesifik. Ada yang teriak teriak. Ada yang ngebel pakai klakson. Ada pula yang bawa kentongan.

Persaingan di dunia mlijo juga nampak. Dan bagi mlijo yang baru, harus punya inovasi pemasaran. Salah satunya, ada yang memberi hadiah bumbu jika belanja jumlah tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x