Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pengajar Ruang Kelas Alternatif di Museum Reenactor Ngalam.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Batik Slilir, Batiknya Kapung Nila

24 Oktober 2020   13:42 Diperbarui: 24 Oktober 2020   13:45 52 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Batik Slilir, Batiknya Kapung Nila
Dokpri foto lomba Fashion Batik Pemkot Malang

Kota Malang tengah giat memacu warganya untuk berinovasi menciptakan motif batik khas malang dengan mengadakan lomba rancang Batik. Dari 57 kelurahan yang ada di kota malang, semua menjadi pesertanya. Salah satunya Kelurahan Bakalan Krajan Kota Malang yang pada hari ini, Sabtu 24 Oktober 2020 masuk dalam 20 besar lomba tersebut. Bagaimana keseruan warga Slilir, Bakalan Krajan kota Malang berinovasi membatik, berikut ulasannya

Branding Kampung Nila Slilir

Peluang menciptakan sesuatu yang khas dari suatu kampung, adalah upaya branding dari kampung itu sendiri. Tidak semua warga kampung mampu melihat peluang usaha dimaksud. Rata rata mereka mensikapi sebuah lomba, sebagai beban. Namun ini berbeda dengan warga RW. III kelurahan Bakalan Krajan kota Malang yang melihat peluang tersebut secara positif. Bukan faktor menang apa tidak dalam suatu lomba, tapi bagaimana suatu karya bisa mampu menjadi branding kampung yang layak dijual sebagai souvenir khas dan akan terus dicari sebagai oleh oleh khas dari suatu kampung destinasi wisata yang sedang dikembangkan.

Peluang ini akan menjadi berkah yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. 

Salah satu motif yang dirancang adalah motif ikan, yang khas dari kampung Nila Slilir.

Rancang Batik Slilir

Dokpri batik motif ikan nila sebagai batik slilir/
Dokpri batik motif ikan nila sebagai batik slilir/
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Batik selalu identik dengan Indonesia. Saat kita pergi ke Jogja atau solo, belanja batik merupakan oleh oleh khas dari daerah tersebut. Peluang ini terbaca oleh para pegiat kampung Nila Slilir, dan dengan bahu membahu mencoba merancang motif batik khas Slilir. Jadilah batik motif ikan khas Slilir.

Membangun ide, kembangkan Potensi

Hal inilah yang sedang dilakukan warga Slilir, yaitu menciptakan suatu identitas khas dari kampungnya sendiri. 

Bagaimana dengan kampungmu?

Semoga kampung kampung yang lain, punya inovasi brilian untuk kemajuan dan kesejahteraan warganya. Saatnya bangkit ekonomi kreatif di kampungmu sendiri.

VIDEO PILIHAN