Eko Irawan
Eko Irawan Reenactor : my life is historical Reenactment

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Biasakan Menulis, Karena Ide Itu tak akan Terulang

5 Juli 2018   14:07 Diperbarui: 5 Juli 2018   14:22 643 1 1
Biasakan Menulis, Karena Ide Itu tak akan Terulang
pixers.us

Ide bisa setiap saat datang, bahkan tanpa kamu cari sekalipun. Ide adalah harta kekayaan Intelektual yang kadang sepele, tapi bermanfaat tidak hanya pada dirimu sendiri, tapi juga pada orang lain. idemu bisa jadi solusi. Namun sayang banyak ide idemu lewat begitu saja. Kamu pikir sehari dua hari, selebihnya hilang tanpa bekas. Karena ide itu tak akan terulang.

Bagaimana memanagement ide idemu agar bisa kamu kembangkan dan memiliki manfaat? Yuk ikuti pembahasan berikut

Semua orang punya kemampuan menulis. Minimal menulis siapa namanya sendiri.  Namun tidak semua orang punya kemampuan menyampaikan idenya melalui tulisan.

Kadang sering kita dengar disekitar kita Orang bilang masih mencari ide menulis, belum dapat ide, masih saya cari idenya dan seterusnya. Kenapa harus susah mencari ide? Ide sebenarnya sebuah sumber raksasa yang tak terhingga banyaknya. ide itu terus mengalir seperti udara yang kamu hirup. 

Tapi sebelum ide itu kamu tulis, ternyata kamu sudah memutuskan sendiri bahwa ide itu tidak menarik untuk ditulis. Ide yang bisa jadi dibutuhkan orang lain, ternyata sudah kamu hakimi sendiri. wow... inilah kendala para penulis, banyak ide lewat tidak digubris, tapi malah bingung mencari ide lain.

Ada ide malah diragukan sendiri. Intinya banyak alasan. Semakin banyak alasan kamu buat untuk menipu dirimu sendiri, ide brilian akan lewat begitu saja dan ide ide itu akan musnah dan tak pernah kembali. Kebiasaan menulis ide ide adalah kemauan menginventarisir kekayaan potensi yang ada dalam dirimu sendiri. sebuah modal yang bisa kamu reka ulang saat kamu membacanya kembali disaat kamu membutuhkannya.

Cobalah beberapa cara di bawah ini untuk membuat ide kreatif tetap mengalir.

1. Istirahat dan Tidurlah

Ini adalah cara setelah kamu sulit menemukan ide-ide menulis. Istirahat  dan tidur adalah pilihannya ketika kita dihadapkan pada situasi yang  sulit dimana otak dan pikiran kita sudah benar-benar lelah dan capek Biasanya,  saat bangun nanti pikiran akan lebih santai dan rileks lagi sehingga diharapkan ide atau gagasan mengenai tulisan yang akan dibuat akan lebih  mudah didapatkan. 

2.  Keluar Sejenak, Hirup Udara Segar

Menghirup udara segar di luar rumah menjadi salah satu alternatif  yang paling mudah dilakukan namun berdampak baik pada otak dan pikiran. Rasa  penat dan bosan ketika harus berlama-lama di dalam kamar atau tempat kerja akan  menjadikan suasana otak dan pikiran kita menjadi tidak fokus, sehingga  saat Anda memikirkan tentang ide menulis malah yang terjadi  adalah ketidaktahuan dan rasa capek yang justru mendera.

Luangkan beberapa saat waktu untuk berjalan-jalan diluar sekitar Anda, menghirup udara segar dan coba lihat perlahan sekeliling  Anda. Suasana dan udara yang berbeda akan memberikan satu pemikiran yang tentunya lebih fresh dibandingkan saat di dalam kamar atau ruang kerja anda. Biasanya, ide menulis akan lebih mudah didapatkan bahkan diluar dugaan Anda sebelumnya.

3. Cari Suasana Baru, Dengan Rekreasi

Mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan bisa membuat pikiran lebih terbuka dan terlepas dari segala kepenatan yang ada. Bila  pikiran sudah kembali tenang, segar dan terbuka kembali maka dengan  sendirinya pikiran akan lebih mudah menemukan ide-ide kreatif untuk  menulis.

Bukan tidak mungkin, justru di tempat rekreasi itulah gagasan itu muncul dengan melihat suasana dan keadaan yang ada. Pastinya, rekreasi  lebih untuk me-refresh pikiran dan tubuh dari segala kepenatan yang ada  sehingga membuat pikiran yang tadinya sulit bekerja akan terasa lebih  rileks dan santai lagi. saya percaya, dengan cara ini maka akan lebih mudah dalam menemukan ide menulis Anda.

4. Ide itu ada pada dirimu sendiri

Biasakan mencatat setiap ide ide yang kamu dapat setiap hari. Kalau kamu tidak membiasakan diri punya catatan, ide idemu akan terlupakan karena keterbatasan otak manusia menyimpan secara detail dan sudah menjadi fitrah manusia mempunyai rasa lupa. Catatan itu akan banyak bercerita dikemudian hari saat kamu membukanya kembali

5. Ide disekitar hidupmu

Ide bisa datang dari dunia disekitarmu. Keluargamu. Lingkunganmu. Teman temanmu. Komunitasmu. Hobymu dan apa aja yang men jadi potensi dan kemampuan yang kamu miliki adalah ide ide yang bisa jadi bahan tulisanmu. Biasakan diri berdiskusi, membaca dan bersosialisasi dengan lingkunganmu.

Demikian tips mengamankan ide dan menuangkan ide idemu menjadi sebuah tulisan briliant, Semoga bermanfaat