Eko Irawan
Eko Irawan Reenactor : my life is historical Reenactment

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bijak Sejarah Cara Reenactor

2 Juli 2018   10:48 Diperbarui: 2 Juli 2018   11:03 407 0 0
Bijak Sejarah Cara Reenactor
ngarang.com

Reenactor adalah sebuah metode dan seni mempelajari sejarah. Untuk apa sih manfaatnya belajar sejarah itu ? Berikut uraian manfaat belajar sejarah cara reenactor, karena hari ini ada karena kemarin tercatat sebuah sejarah

Pelajari masa lalu jika anda ingin membangun hari esok yang lebih baik

Ketika manusia bekerja secara cerdas bersama, kita menambah satu hal  yang paling menakjubkan dan menjadikan manusia menjadi superpower  dibandingkan mahluk hidup lain di planet bumi, yaitu -- untuk tidak  membuat kesalahan serius yang manusia lain buat pada masa lalu, karena  kita cenderung untuk sama dengan manusia lain -- melihat kesalahan di  masa lalu lalu kita hindari di masa depan. Seperti itulah makna belajar sejarah.

Keuntungan belajar sejarah

Beberapa manfaat belajar sejarah antara lain:

  1. Membantu mengerti cerita dan asal muasal dari sesuatu
  2. Membantu melihat perjalanan sebuah ide atau pergerakan
  3. Dapat kita petik intisari dari cerita sukses, kegagalan, dan perjuangan
  4. Membantu kita berfikir lebih kritis tentang pola dan penyelesaian masalah.

Belajar sejarah tidak hanya mengajarkan kita untuk tidak mengulang kesalahan di masa lalu, tetapi juga untuk mengulang sukses di masa depan.

Salah satu materi yang dipelajari oleh Reenactor adalah reka ulang menghadirkan kembali bagaimana bangsa ini mempertahankan kemerdekaannya. Kegiatan tersebut adalah mengingatkan kembali sebuah kejadian yang pernah terjadi, sebagaimana dicatat oleh sejarah Bangsa ini bahwa di masa 1945-1949 negeri ini harus mempertahankan harga diri bangsanya dari incaran para penjajah. Ini menjadi penting karena Kenapa bangsa asing menginginkan menguasai negeri kita? ini pentingnya belajar sejarah, bisa menumbuhkan semangat patriotisme, nasionalisme, kebangsaan dan cinta tanah air sehingga bisa menumbuhkan kesadaran dan menghargai makna kemerdekaan yang telah dinikmatinya. Menyadari bahwa kemerdekaan yang dinikmatinya, ditebus dengan tetesan darah dan nyawa para pejuang bangsa ini. Seandainya pada masa itu, Para pejuang kita ogah melawan penjajah, apakah sekarang kita telah merdeka?

Sejarah membantu kita memprediksi masa depan

Belajar sejarah dapat membantu seseorang untuk mengerti kehidupan  manusia dan masyarakat pada jaman sebelumnya. Sejarah termasuk segala  hal yang pernah terjadi, dapat menyediakan informasi tentang konsekuensi  atau keuntungan yang timbul dari tindakan tertentu. Mengerti konsekuensi dan keuntungan dapat mebantu manusia untuk mengerti  tentang budaya dan masyarakat, dan juga untuk mengerti suatu motivasi  yang melatarbelakangi suatu tindakan.

Reenactor dengan kegiatannya bisa menginspirasi makna perjuangan dalam sejarah yang membantu semua orang memprediksi masa depan. Jika sekarang warga negara ini sudah tidak ambil pusing dengan sejarahnya. Mementingkan kepentingan pribadi dan golongan. cuek dan acuh tak acuh. apa yang terjadi dengan negeri ini? Masa depan negeri ini ditentukan oleh pemahaman sejarah warga negaranya. Mereka yang paham sejarah akan bangga menjadi warga negara ini, dan mereka yang tidak paham akan mencela negerinya sendiri, Seperti Kacang lupa kulitnya.

Bias: Sejarah ditulis oleh mereka yang sedang berkuasa

Ketika belajar sejarah itu baik, ada satu hal yang perlu disadari  tentang suatu masalah tentang sejarah, yaitu bias. Apapun sumber anda,  di situ akan ada bias, khususnya karena sejarah adalah ditulis oleh  pemenang/penguasa. Ini menjadi masalah untuk pembelajaran sejarah  sehingga sedikit kurang efektif. Ini dapat mengarahkan ke pertanyaan apa  untung nya belajar sesuatu jika ternyata tidak akurat.

Walaupun bias tidak terelakan, belajar sejarah tetap memberikan manfaat pengetahuan dan akan perlu tetap sadar akan bias.

Reenactor dalam mensikapi bias sejarah berprinsip No political Issue, Reenactor bukan untuk kepentingan Politik tertentu dan tidak terlibat dengan muatan politik yang ada dalam sejarah. 

Reenactor hanya hobby dengan tujuan mulia. Reenactor tidak akan pernah memihak dan berafiliasi dengan kepentingan politik manapun, semua murni hoby dan seni pembelajaran sejarah yang menginspirasi dan memberikan pemahaman. Foto dan video para reenactor yang menggambarkan skuad soldaat asing para penjajah, adalah semata mata untuk kepentingan seni. 

Sebuah karya harus menggambarkan secara seimbang dua belah pihak yang berkonflik sesuai catatan sejarah. Bila dalam catatan sejarah ada dua pihak yang berkonflik, misal pejuang Indonesia dan skuad NICA Belanda dalam peristiwa Malang Bumi Hangus, maka akan lucu dan tidak bermutu jika hanya ada para pejuang indonesianya saja, tanpa ada penggambaran skuad penjajahnya. 

Dan Para pemeran antagonis ini bukan berarti mereka "Bad Guys" pembela tokoh atau kepentingan penjajah, mereka melakukan itu karena kepentingan seni belaka. Dalam Film tokoh antagonis memperkaya alur cerita agar menarik ditonton. Begitu pula pertunjukan wayang, ada tokoh baik, seperti Pandawa dan ada tokoh Buruk seperti Kurawa.

Kesimpulan pentingnya belajar sejarah

Secara umum, penting untuk belajar sejarah karena dapat membangun  pemahaman yang lebih dalam tentang manusia dan masyarakat. Walaupun bias  akan timbul, tetapi belajar sejarah dapat memberikan manfaat bagi  mereka yang ingin mengubah masa depan menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat