Mohon tunggu...
Eko N Thomas Marbun
Eko N Thomas Marbun Mohon Tunggu... Penulis - I Kerani di Medan Merdeka Utara I Bukan Pandit Football hanya Penggemar Bola I

Anak kampung yang terlanjur merantau di kota. Baru sadar, ternyata hidup di kampung itu lebih sehat karena tidak terlalu terkontaminasi polusi kemanusiaan dan polusi lingkungan. Salam waras!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala AFF: Indonesia Versus Kamboja Bisa Jadi Penentu

9 Desember 2021   11:42 Diperbarui: 9 Desember 2021   11:51 205 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar: bola.com

Dalam format kompetisi seperti Piala AFF, tiap pertandingan bisa sama pentingnya. Lolos dari penyisihan grup bisa ditentukan selisih gol atau pertemuan head to head. Tiap tim mestinya bermain maksimal tiap laga.

Hal-hal demikian bisa terjadi jika paling tidak kualitas 3 tim dari satu grup cukup merata. Dalam kondisi demikian, ada kemungkinan tim saling mengalahkan atau bermain seri. Pilihannya, tim paling lemah akan menjadi lumbung gol!

Berkaca pada hal itu, Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020, bisa saja menghadapi kondisi yang sama. Penentuan Tim yang lolos ditentukan oleh perolehan gol. Vietnam, Indonesia dan Malasya secara kualitas cenderung sama.

Indonesia versus Kamboja hari ini!

Pertemuan dengan Kamboja bisa  jadi laga penentu. Vietnam bisa jadi akan memenangkan semua pertandingan. Pertemuan Indonesia melawan Malasya bisa akan menjadi partai hidup mati, bisa akan berakhir imbang. Bisa juga, ketiga tim akan bermain imbang.

Jika skenario itu berjalan. Dua partai pembuka Indonesia sama mahalnya dengan melawan Vietnam dan Malasya. Indonesia harus bermain dengan selisih minimal 3 gol. Untuk membuka peluang lebih besar untuk menang. Itu pun jika Malasya dan Vietnam memenangkan partai sisa tidak lebih dari 3 gol.

Pertemuan Indonesia kemungkinan akan berlangsung terbuka. Ryu Hirose di partai awal sudah menujukkan "pengaruh samurai" di Tim Kamboja. Bermain dari kaki ke kaki dan memaksimalkan posisi sayap. Kamboja tampak mendominasi ketika menghadapi Malasya meskipun kalah!

Kamboja sejati bermasalah di sektor pertahanan. 3 Gol yang diciptakan Malasya berawal dari kecerobohan Kamboja dalam bertahan. Transisi antara menyerang ke bertahan cukup buruk.

Lini tengah Kamboja tidak memiliki pemain tipikal bertahan. Sehingga tidak ada pemain yang memotong serangan balik lawan. Formasi 4-3-3 yang diterap Ryu Hirose memang membuat lubang di pos tengah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan