Mohon tunggu...
Eko N Thomas Marbun
Eko N Thomas Marbun Mohon Tunggu... Penulis suka-suka

Penulis suka-suka. Lahir di Tanah Toba, merantau ke Jogja lalu stuck di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Keutamaan Bulan Ramadhan Menurut Hadits

28 April 2021   23:59 Diperbarui: 29 April 2021   00:09 418 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keutamaan Bulan Ramadhan Menurut Hadits
sumber gambar: kompas.com

Kita semua tahu bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan penuh makna. Berikut ini ada 10 hadits yang menunjukkan betapa di bulan suci ini kamu diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dan memperoleh pahala.

Hal ini bisa menjadi tuntunan bagi kamu untuk mengutamakan ibadah di bulan suci ini. Ingat kesempatan seperti ini hanya datang sekali dalam satu tahun. Nah, karena kamu tidak tahu apakah kamu memiliki kesempatan tahun depan maka lakukanlah sekarang.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah.

Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. (HR. Ahmad);

Allah SWT membebaskan penghuni neraka pada setiap malam bulan Ramadhan.

Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan); Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka. (HR Tirmidzi)

Puasa bulan Ramadhan adalah sebagai penebus dosa.

Jarak antara shalat lima waktu, shalat jum'at dengan jum'at berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosadosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar. (HR Muslim)

Puasa Ramadhan bisa menebus dosa-dosa yang telah lewat.

Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim)

Memberi buka orang yang puasa maka mendapat pahala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN