Mohon tunggu...
Eko N Thomas Marbun
Eko N Thomas Marbun Mohon Tunggu... Penulis - I Kerani di Medan Merdeka Utara I Bukan Pandit Football hanya Penggemar Bola I

Anak kampung yang terlanjur merantau di kota. Baru sadar, ternyata hidup di kampung itu lebih sehat karena tidak terlalu terkontaminasi polusi kemanusiaan dan polusi lingkungan. Salam waras!

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Gulai Limbat dan Lalapan Pakkat, Berbuka Khas Mandailing

26 April 2021   23:53 Diperbarui: 27 April 2021   00:15 1545 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gulai Limbat Sale (sumber:wadaya.rey1024.com)

Saya pertama kali mengenal makanan ini ketika dinas ke Kota Medan. Mungkin sekitar bulan puasa 4-5 tahun yang lalu. Hari itu, seorang rekan mengajak untuk mengunjungi salah satu rumah makan Tapanuli Selatan (Tapsel) di pinggiran Kota Medan ke arah Belawan.

Saat itu, saya benar-benar disadarkan bahwa masakan Tapsel itu, mantap! Semenjak saat itu pula saya ketika jalan-jalan atau dinas ke Kota Medan, sudah pasti mencari makanan Tapsel. Makanan favorit saya adalah Gulai Limbat dan Lalapan Pakkat.

Limbat

Limbat boleh dikatakan sejenis ikan lele, dengan bentuk tubuh yang sama. Sedikit perbedaannya terdapat pada pada warna dan corak tubu limbat, dimana limbat memiliki warna kecokelatan serta memiliki corak tutul kuning.

Limbat (Clarias nieuhofii) seperti dilansir dalam Wikipedia Indonesia adalah sejenis ikan lele yang bertubuh panjang dan (umumnya) kekuning-kuningan. Ikan ini menyebar luas di Asia Tenggara termasuk di Semenanjung Malaya, Jawa, Sumatra, Kalimantan sampai Filipina. Di Kampar, Riau dinamakan limbek, Jambi dinamakan lembat, di Jakarta dikenal sebagai lindi. Sungai dan Perairan rawa merupakan habitat alami ikan limbat.

Ikan ini Kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat pada limbat terdiri dari protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12.

Pakkat atau Bambu Muda (sumber:correcto.id)
Pakkat atau Bambu Muda (sumber:correcto.id)
Pakkat

Pakkat ini merupakan makanan khas yang terbuat dari batang rotan. Namun, tidak semua batang rotan bisa digunakan. Hanya pucuk batang rotan muda yang dipakai untuk membuat Pakkat ini.

Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamus. Puak Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus anggota, dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika, Asia dan Australia.

Pakkat umumnya diperoleh di hutan-hutan di daerah Tapsel yang masih lebat. Pegunungan bukit barisan yang masih murni memungkin rotan-rotan tumbuh dengan subur. Para pemburu rotan biasanya akan berbondong-bondong mencari rotan muda ke hutan di Bulan Ramadhan seperti saat ini.

Limbat Sale (sumber:biggo.biz.id)
Limbat Sale (sumber:biggo.biz.id)
Gulai Limbat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sehat dan Gaya Selengkapnya
Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan