Mohon tunggu...
Ekky Erdiansyah
Ekky Erdiansyah Mohon Tunggu... Blogger

Sekedar penyampai opini seputar hobi saya saja.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Ngomongin Pemerintah RI yang Baru Mengumumkan Korban Virus Corona di Indonesia

2 Maret 2020   16:07 Diperbarui: 2 Maret 2020   16:31 142 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngomongin Pemerintah RI yang Baru Mengumumkan Korban Virus Corona di Indonesia
Sumber : gesuri.id

Seperti yang kita tau, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan kabar terbaru mengenai virus Corona di Indonesia. Seperti yang dilansir dari detikNews (02/03), Presiden Jokowi mengumumkan ada 2 warganya yang terinfeksi virus Corona

Hal tersebut tentunya didasari oleh laporan yang beliau terima dari Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Adapun kedua korban virus Corona tersebut ialah seorang wanita berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun. 

Berdasarkan laporan dari Menteri Terawan, kedua korban tersebut tertular virus Corona di rumahnya yang ada di daerah Depok, Jawa Barat. Saat ini, kedua korban tersebut sudah dibawa ke RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara guna dirawat lebih lanjut. Selain itu, rumah mereka berdua pun juga sudah diisolasi.

Setelah virus Corona mulai merebak sejak Februari kemarin, baru kali ini pihak pemerintah Indonesia mengumumkan adanya korban virus Corona siang tadi. Meskipun beberapa orang bakalan bilang kalo pemerintah kita terkesan kecolongan sama kasus Corona ini, saya tetap akui kalo pemerintah kita ini sudah bekerja keras dalam mengatasi virus Corona tersebut.

Kronologis Kejadiannya

Sumber : tirto.id
Sumber : tirto.id
Berdasarkan apa yang saya baca di berita detikNews hari ini (02/03), penyebab utama kedua korban bisa terinfeksi virus Corona ialah warga negara (WN) Jepang yang memang sudah terinfeksi virus Corona namun penyakitnya belum terlacak. WN Jepang tersebut sempat bertemu dengan kedua korban di rumahnya yang ada di Depok tersebut dan setelah si WN Jepang tersebut balik ke Malaysia dan dicek di sana, ternyata si WN Jepang tersebut terdeteksi kena virus Corona.

Setelah diinvestigasi lebih lanjut dan dapat info kalo si WN Jepang ini baru saja terbang dari Indonesia, tim penanggulangan virus Corona asal Indonesia pun langsung mengecek si WN Jepang yang bersangkutan terkait siapa aja yang dia temui selama dia berada ke Indonesia. 

Setelah mendapat informasi lebih lanjut, tim yang bersangkutan pun langsung mengecek orang-orang yang ditemui WN Jepang tersebut apakah mereka tertular virus Corona atau tidak, sampai pada akhirnya ditemukan 2 orang wanita yang tertular virus Corona yang kabarnya baru saja kita ketahui barusan.

Kalo boleh jujur, sebelum kejadian di atas terjadi, sebenernya pemerintah kita juga sudah waspada sama virus Corona ini dan sempat menemukan kasus WNI yang terinfeksi virus tersebut. Bicara soal perkembangannya sendiri, beberapa ada yang negatif dan beberapanya lagi ada juga yang positif kena dan sampai sekarang masih dirawat di rumah sakit di Jepang. Oh iya, pemerintah kita juga sempat mengkarantina WNI yang baru saja pulang dari Wuhan, ke daerah Natuna.

Pendapat Saya soal Kejadian Ini

Sumber : jeo.kompas.com
Sumber : jeo.kompas.com
Kalo menurut saya, langkah pemerintah Indonesia mengumumkan 2 korban yang terinfeksi virus Corona ini dirasa sudah tepat. Hal tersebut tentu harus dilakukan supaya virus tersebut tak makin menyebar ke lingkungan sekitarnya. Langkah isolasi korban dan tempat tinggalnya pun sudah efektif juga kalo menurut saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN