Mohon tunggu...
Eka Rahmawati
Eka Rahmawati Mohon Tunggu... Writer

Tiada kata berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

SMK Negeri 5 Surakarta Bekerja Sama dengan UBSI Solo Selenggarakan Gathering Siswa-Siswi Kelas 12 dan 13

1 Maret 2021   10:14 Diperbarui: 1 Maret 2021   10:30 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SMK Negeri 5 Surakarta Bekerja Sama dengan UBSI Solo Selenggarakan Gathering Siswa-Siswi Kelas 12 dan 13
Dokumentasi Pribadi (Screenshoot Zoom Meeting)

Surakarta-SMK Negeri 5 Surakarta jalin kerjasama dengan UBSI Solo untuk selenggarakan Gathering Siswa-siswi kelas 12 dan 13. Kegiatan yang bertajuk "Terbang Meraih Prestasi bersama SMK Negeri 5 Surakarta" ini diselenggarakan pada Kamis, 25 Februari 2021 pada 13.00-15.00 secara virtual melalui Zoom.

Sejak pandemi, sekolah-sekolah di Surakarta melaksanakan program kegiatan belajar mengajar secara daring. Hal itulah yang menjadi latar belakang SMK Negeri 5 Surakarta menjalin kerjasama dengan UBSI Solo untuk menyelenggarakan Gathering. Acara yang ini merupakan Gathering pertama yang dilakukan oleh SMK Negeri 5 Surakarta.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada SMK Negeri 5 Surakarta yang bekerjasama dalam penyelenggaraan acara Gathering ini. Kami harap, kedepannya acara seperti ini dapat terus dilakukan dan semoga acara ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Negeri 5 Surakarta." Ucap Erlangga Brahmanto selaku Kepala Kampus UBSI Solo dalam sambutannya.

Gathering ini dilaksankaan untuk memberikan arahan kepada siswa-siswi agar memiliki rencana setelah lulus baik akan bekerja, melanjutkan studi ataupun berwirausaha. SMK Negeri 5 Surakarta menjadi salah satu sekolah yang memiliki program belajar selama 4 tahun (SMK Fast Track), dimana siswa-siswinya akan mendapatkan ijazah SMK, Ijazah Diploma Dua (D2), Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Magang setelah dinyatakan lulus sekolah.

Wening Sukmanawati selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Surakarta menyampaikan bahwa terdapat banyak jalan yang dapat ditempuh siswa setelah lulus salah satunya adalah melanjutkan studi. Tentunya UBSI dapat menjadi pilihan siswa-siswi untuk lanjut studi.

"Siswa-siswi SMK Negeri 5 Surakarta telah diberikan pengetahuan dan pelatihan untuk dapat berkarir dan berwirausaha. UBSI dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan program studi dengan berbagai program beasiswa yang tersedia. Kami berharap dari UBSI dapat memberikan gambaran terkait dengan program Kuliah melalui jalur beasiswa dan juga program kuliah kelas karyawan untuk mahasiswa yang telah bekerja" Ucap Wening Sukmanawati.

Selain Kepala Sekolah, Agus Maryanto selaku Waka Kurikulum dan Agus Santoso selaku Waka Humas juga turut memberikan pemaparan untuk memberikan gambaran kepada siswa-siswi SMK Negeri 5 Surakarta.

Tidak ketinggalan, Sri Saptono selaku waka kesiswaan juga memberikan sedikit nasehat dan motivasi untuk siswa-siswi yang memang sudah lama bersekolah secara daring agar tetap memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Pemaparan dari pihak sekolah ditutup oleh Karseno selaku ketua ISO.

Acara dilanjutkan dengan sesi sharing dengan UBSI Solo yang disampaikan oleh Ahmad Fauzi selaku Koordinator Markom. Sesi sharing berlangsung interaktif dengan antusiasme siswa-siswi untuk mengetahui tentang program Kuliah dan juga beasiswa di UBSI Solo.

Kedepannya diharapkan kerjasama dengan SMK Negeri 5 Surakarta dapat terus berlangsung untuk dapat memberikan kesiapan kepada siswa-siswi dalam mempersiapkan diri sebelum lulus dari bangku sekolah. Selain itu, UBSI Solo juga sangat terbuka untuk bekerjasama dengan sekolah-sekolah di Solo Raya untuk menyelenggarakan acara serupa.

VIDEO PILIHAN