Mohon tunggu...
Eka Sekar Ramandani
Eka Sekar Ramandani Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan IPA

Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Covid-19 UNS Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

4 Juli 2020   12:43 Diperbarui: 4 Juli 2020   12:36 14 0 0 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
SUKOHARJO -- 29 Juni 2020. Adanya pandemic virus COVID-19 mau tidak mau menuntut masyarakat harus bisa merencanakan ulang kegiatan yang mungkin sudah diatur jauh-jauh hari, begitu pula kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang seharusnya dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) pada bulan Juli -- Agustus tahun ini. Kegiatan KKN yang seharusnya dilakukan dengan cara turun langsung ke daerah-daerah terpaksa harus dicanangkan ulang dengan metode daring di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan dengan menerapkan aturan PSBB dimana menimalkan pertemuan kerumunan dalam jumlah besar yang melibatkan banyak orang.

Saya Eka Sekar Ramandani NIM K451709 dari Program Studi Pendidikan IPA mengambil tema besar Pendidikan selama COVID-19 melaksanakan kegiatan KKN COVID dimulai tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2020. KKN dilaksanakan di Dk. Krajan Rw. 06 Kel. Krajan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo dengan bimbingan dari DPL yakni Dr. Endang Susilowati, S.Si, M.Si. Beberapa program kerja yang dilaksanakan antara lain: Pendampingan proses belajar siswa melalui grup whatsapp; Pemasangan MMT "SADAR COVID-19"; Pemasangan poster pentingnya penggunaan masker dan cuci tangan yang benar serta Pemberian konten edukasi mengenai fakta-fakta seputar COVID-19 melalui grup whatsapp dan sosial media instagram. Hampir semua program dilakukan dengan metode daring, hanya beberapa program yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk pemasangan poster dan MMT dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yang berlaku.

Salah satu program yang dilakukan dengan turun langsung adalah pemasangan poster di lokasi-lokasi yang strategis di Dk. Krajan. Pemasangan poster dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat selama masa pandemic COVID-19. Pemasangan poster dilakukan di titik-titik strategis yang memungkinkan dijangkau oleh orang banyak, seperti: pos ronda, papan pengumuman Masjid Nurul Huda Krajan, papan informasi SD Negeri Krajan 02, depan warung warga, dan tempat-tempat strategis lain. Melalui pemasangan poster ini diharapkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dapat meningkat. Dan dilihat dari lapangan, warga cukup antusias dan memberikan respon positif dengan adanya program ini. Warga mengaku cukup terbantu untuk teredukasi dengan adanya poster-poster yang mudah untuk mereka baca dan pahami yang selanjutnya akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x