Mohon tunggu...
Eka Rahmawati
Eka Rahmawati Mohon Tunggu... Writer

Tidak ada kepuasan dalam belajar, seperti hal nya setiap tulisan saya semuanya adalah proses saya dalam belajar. Segala bentuk kritik dan saran yang membangun untuk setiap tulisan saya, saya akan sangat berterima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Program Beasiswa Kuliah S1 dalam Negeri

23 Maret 2021   14:35 Diperbarui: 23 Maret 2021   15:19 309 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Program Beasiswa Kuliah S1 dalam Negeri
sumber: goodnewsfromindonesia.id

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, maka tidak ada salahnya mengikuti program beasiswa kuliah. Melanjukan pendidikan di bangku kuliah dengan program beasiswa tentu akan membantu kamu dari segi finansial. Selain itu, kamu juga memiliki kebanggaan tersendiri jika mendapatkan beasiswa.

Daftar Beasiswa Kuliah S1 Dalam Negeri

Banyak lulusan SMA/SMK/Sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan di bangku kuliah karena faktor biaya. Padahal saat ini, banyak sekali program beasiswa yang tersedia.  Berikut beberapa program beasiswa yang dapat kamu ikuti.

APERTI BUMN

Beasiswa ini dapat kamu ambil ketika kamu ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang berada di bawah naungan APERTI BUMN. Beberapa perguruan tinggi tersebut diantaranya Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, Telkom University, Politeknik Pos Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institut Teknologi PLN dan BRI Institute.

Program beasiswa ini mencakup pembiayaan penuh selama masa studi. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor yang dimiliki saat berada di bangku sekolah menengah. Selain itu, calon penerima beasiswa juga harus melewati beberapa tahapan seleksi seperti wawancara secara online.

KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah menjadi salah satu program pemerintah untuk calon mahasiswa yang lulus dua tahun sebelumnya dan belum menjadi mahasiswa. Untuk mendaftar, kamu dapat mengunjungi laman resmi KIP Kuliah. Pendaftaran tidak dikenakan biaya. Pembiayaan KIP Kuliah mencakup biaya pendidikan, dan subsidi biaya hidup 700 ribu rupiah perbulannya (dapat disesuaikan).

Terdapat persyaratan umum unuk pendaftar KIP kuliah yaitu lulus SMA/Sederajat pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya, memiliki potensi akademik dan keterbatasan ekonomi, serta lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru baik di PTN maupun di PTS pada program studi yang terakreditasi.

Beasiswa Hebat

Beasiswa yang dipersembahkan oleh STMIK Nusa Mandiri ini memiliki empat jenis beasiswa. Yakni Beasiswa Prestasi/Kejuaraan, Beasiswa Rapor, Beasiswa Talenta, dan Beasiswa Magister. Beaiswa Prestasi atau Kejuaraan diperuntukkan untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non-akademik untuk dapat melanjutkan pendidikan di jenjang S1.

Selanjutnya untuk Beasiswa Rapor juga dapat diperoleh untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S1 untuk calon mahasiswa yang memiliki rata-rata nilai rapor lebih dari 7 dikelas X dan XI. Sementara untuk beasiswa talenta diperuntukkan buat kamu yang memiliki talenta (Hafidz Qur'an, Influenzer, Selebgram, Youtuber, Vlogger, dan Startup) dan prestasi tersebut telah diakui oleh masyarakat atau memiliki piagam penghargaan.

Sedangkan untuk Beasiswa Magister, diperuntukkan untuk profesi guru, alumni STMIK Nusamandiri, dan umum yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S2. Untuk memperoleh beasiswa hebat, setiap peserta harus melalui tahap seleksi. Kamu dapat mengunjungi sosial media maupun laman website STMIK Nusa Mandiri.

Beasiwa ORBIT Hasri Ainun Habibie

Beasiswa kuliah satu ini diberikan oleh Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie yang sudah berdiri sejak 1992. Terdapat dua kategori beasiswa yaitu beasiswa reguler dan unggulan. Bagi calon mahasiswa, maka dapat memilih beasiswa unggulan. Beasiswa kuliah unggulan akan diberikan sejak awal masuk kuliah hingga selesai masa studi.

Beasiswa BCA

Bagi kamu yang memiliki prestasi saat duduk di bangku SMA/SMK/Sederajat, maka dapat memilih beasiswa BCA. Beasiswa ini berbentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). Selain pembiayaan pendidikan, penerima beasiswa juga akan mendapatkan uang saku bulanan, mendapatkan buku pelajaran, dan laptop untuk penerima PPTI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x