Mohon tunggu...
Ekalaya Irpan Pamuji
Ekalaya Irpan Pamuji Mohon Tunggu... Animator - Seorang Guru dan Penulis tentang Realita Kehidupan Masyarakat

Seorang Guru yang mengajar di Sekolah Menengah Atas. Sehari-hari hobi menulis dan berolah raga Badminton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Pendidikan Karakter

3 November 2022   22:29 Diperbarui: 3 November 2022   22:51 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: konten.co.id

Semua orangtua ingin melihat anaknya sukses baik mulai dari bangku sekolah dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas atau bahkan Perguruan Tinggi. namun, dalam perjalanannya banyak  batu sandung yang menghalang. Apakah situasi sekolah atau memang kurangnya kepedulian orangtua dalam mengawasi  anak atau bahkan masyarakat yang acuh dan masa bodoh.

Bolos, alpa  adalah sarapan pagi bagaikan hidangan lesat yang selalu menjadi momok. kata kotor terkadang tak senghaja terucap namun kadang terdengar ditelinga. wibawah guru  tergadai oleh terjebak situasi yang terkadang salah persepsi tentang  ''apa itu kekerasan, apa itu mendidik'' .

Asumsi dasar adalah sebuah makna Pentingnya pendidikan karakter sejenak dini.

Mengapa pendidikan karakter sangat penting ditanamkan sejenak dini.

Jika kita merujuk pada pendidikan Jepang. mulai dari tingkat pendidikan TK sampai SD mengedepan ahlak, sopan santu dan sikap bertanggung jawab. 

Contoh sikap menitik beratkan pada ahlak. ketika siswa  bertemu dengan seorang guru, dengan sigapnya siswa menundukan kepala dengan arti menghormati dan mentaati.  

Bagaimana dengan sikap sopan santun, bertutur kata dengan lemah lembut tentu menjadi indah didengar dan elok untuk dilihat.

Begitu juga dengan sikap bertangung jawab. bagaimana siswa jepang sebelum pulang sekolah membersihkan kelasnya dengan ber

Sih, menyapu dengan kompak, mengepel lantai dengan semangatnya.  apalagi membuang sampah tentu pada tempatnya. luar baisa...

Masih ingat dalam benak masyarakat Indonesia, ketika diadakanya piala asia tepatnya di Gelora Bung karno beberapa tahun silam. dengan  penuh percaya dirinya beberapa warga Negara Jepang memungut puntung rokok dengan kompaknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun