Mohon tunggu...
Eka Fitriani
Eka Fitriani Mohon Tunggu... Administrasi - Perempuan biasa

Jadilah yang baik, maka akan diberikan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tips Tubuh Langsing Setelah Melahirkan Tanpa Diet

28 Juli 2020   13:45 Diperbarui: 28 Juli 2020   13:46 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Punya tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita. Karena dengan tubuh yang ideal dan langsing dapat menambah kepercayaan diri wanita, juga dapat dengan mudah memilih pakaian yang sesuai dengan tubuh sehingga dengan fashion apapun cocok untuk dikenakan. Menjadi gemuk dan perut bergelambir adalah problem wanita pasca melahirkan yang sering sekali dikeluhkan.

Saya adalah seorang wanita yang mengalami masalah tersebut pasca melahirkan. Setelah melahirkan berat badan saya 66 kg dengan tinggi 168 cm.  Tanpa saya sadari setelah 6 bulan tubuh saya menjadi langsing dengan berat 56 kg padahal makan saya cukup banyak bisa 4 kali dalam sehari. Menurut saya hal ini menjadi rekor bagi saya karena sebelum hamil saya pun memiliki berat badan 63 kg. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing berdasarkan pengalaman yang saya alami:

1. Rajin menyusui

Tanpa kita sadari menyusui adalah cara alami untuk mengembalikan bentuk tubuh wanita seperti semula setelah melahirkan. Selain bermanfaat bagi bayi, asi yang kita keluarkan ternyata dapat membakar kalori pada tubuh hingga 500 kalori per hari.

Berdasarkan pengalaman saya, 6 bulan pertama saya selalu rutin memberikan asi kepada bayi saya setiap 2 jam sekali. Setiap kali air susu saya tumpah-tumpah saya pompa menggunakan pompa asi untuk di stok. Jangan sampai asi tumpah dan berikan kepada bayi sesering mungkin. Terbukti dengan cara alami ini berat badan saya menjadi turun.

2. Perbanyak minum air putih

Rajin minum air putih juga ternyata mampu menurunkan berat badan. Air putih dapat menguraikan lemak dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk ibu menyusui air putih yang dianjurkan minimal 2,5 liter per hari.

Saat itu saya percaya bahwa banyak minum air putih dapat memperbanyak produksi asi, sehingga kebutuhan bayi saya dalam meminum asi juga terpenuhi. Alhasil banyak juga manfaatnya dari minum air putih.

3. Pijat pasca melahirkan

Menurut orang jawa (karena saya orang jawa hehe), setelah melahirkan otot-otot rahim menjadi muda kembali dan menjadi tegang karena tenaga yang dikeluarkan saat melahirkan. Nah pijat ini dapat mengurangi otot-otot yang kaku dan tegang akibat melahirkan.

Biasanya pijat ini fokus pada bagian perut dan pinggul, untuk mengembalikan bentuk dan mengurangi nyeri pasca melahirkan. Pijat dapat menggunakan minyak atau krim yang mudah diserap kulit. Saya menggunakan minyak kelapa atau dikenal dengan virgin coconut oil yang sangat kaya manfaat untuk ibu dan juga bayi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun