Mohon tunggu...
Eka MP
Eka MP Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Pecandu Teh dan Penikmat Buku

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Aplikasi Asyik Teman Ngabuburit

24 April 2021   21:15 Diperbarui: 24 April 2021   21:18 407 10 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Asyik Teman Ngabuburit
Doc. Pribadi

Sepuluh hari pertama puasa Ramadhan sudah berlalu. Sekarang memasuki sepuluh hari kedua. Menjelang berbuka waktunya ngabuburit. Selain beribadah sesuai tuntunan kita juga tetap mengerjakan hal-hal lain seperti biasa.

Janganlah selama berpuasa kita hanya lewati dengan tidur atau melakukan hal tak berguna yang bisa merusak ibadah kita. Daripada berghibah atau melakukan hal-hal yang merugikan lebih baik kita isi waktu menjelang berbuka dengan melakukan hal yang berguna.

Di masa pandemi ngabuburit lebih banyak dilakukan di rumah. Supaya tidak membosankan ada beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk mengisi waktu menjelang berbuka 

1. Ipusnas

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi

Aplikasi Ipusnas adalah sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh perpustakaan nasional. Aplikasi ini berisi banyak koleksi buku elektronik yang bisa dibaca secara gratis. 

Hanya tinggal mengunduh aplikasi tersebut dan mendaftar menggunakan email kita sudah bisa meminjam buku apapun yang diinginkan. 

Koleksinya semakin hari semakin bertambah. Dari mulai buku referensi, ilmu pengetahuan populer, sampai fiksi semua ada. 

Setiap orang boleh meminjam maksimal lima buku per hari untuk dibaca selama tiga hari. Jika sudah melewati waktu pinjam buku otomatis akan hilang dari daftar buku yang dipinjam. Jika kita masih ingin membacanya bisa meminjam ulang. 

Beberapa buku hanya memiliki sedikit copy dengan peminat banyak, maka untuk bisa meminjamnya harus bersabar mengantre. Akan ada notifikasi saat buku tersedia untuk dipinjam.

Memang tidak semua buku yang ada di perpustakaan nasional juga ada di iPusnas. Buku-buku yang tidak bisa dipinjam secara online maka kita tetap harus datang ke gedung perpustakaan nasional secara langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x