Mohon tunggu...
Iswasta Eka
Iswasta Eka Mohon Tunggu... Dosen - Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Certified Instructor Hypnotherapy,baru mencoba menulis 7 buah buku, 5 HAKI. Menulis di mass media sejak 1980 tersebar di Surat kabar dan majalah nasional maupun lokal, Tulisan kolom maupun cerpen dalam bahasa Indonesia dan Jawa.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Urgensi Taat Prokes di Saat Pandemi

29 Agustus 2021   05:59 Diperbarui: 29 Agustus 2021   06:11 73 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Urgensi Taat Prokes di Saat Pandemi
Kapolres/dokpri

Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto Kelompok 022 Desa Grujugan  telah melaksanakan salah satu program kerjanya dengan menggelar Webinar dengan Tema "Urgensi taat protokol keatan di Era Pandemi" secara online melalui zoom pada Jum'at 28 Agustus 2021.  

Kegiatan tersebut menghadirkan 2 pembicara yang kompeten di bidangnya yaitu AKBP Piter S. IK., S.H., M.H  yang juga Kapolres Kebumen serta Gamalel Rifqi Samhudi, S.H., M.H. selaku dosen fakultas hukum UMP. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 jam dari pukul 10.30 sampai 11.30 dengan jumlah peserta 70 orang.

Piter dalam paparannya menyampaikan mengenai urgensi taat protokol kesehatan di tengah pandemi.  Kapolres menjelaskan bahwa untuk mengetahui urgensinya harus melihat data statistik Indonesia tentang kasus covid. 

Data statistik menunjukkan trend penurunan setelah prokes diperketat. Berkaitan dengan protokol kesehatan sebagai upaya preventif harus dilakukan dengan mematuhi 5 pilar. Budaya baru ini yg harus diserukan untuk diimplementasikan pada diri kita selain upaya vaksinasi massal.

Piter juga mengatakan bahwa 5M harus dijadikan acuan sebagai strategi pengendalian covid-19 karena peranannya sangat penting untuk menekan penyebaran covid-19. Kegiatan yang di galakkan diantaranya yaitu Prokes 5M, vaksinasi massal, 3T dan bansos dari pemerintah berupa uang tunai dan sembako menjadi satu keterpaduan yg terikat.

Di sisi lain dosen Fakultas hukum UMP Gamalel Rifqi Samhudi menambahkan bahwa taat prokes juga dianjurkan dalam Hukum Islam, sesuai yang tercantum dalam Al Quran.  

QS An-Nisa ayat 59 menyebutkan bahwa mentaati prokes akan membawa keberkahan untuk kita semua. Oleh karena itu, kualitas kesehatan harus dioptimalkan dalam menghadapi Covid19. Selain itu  dengan adanya bansos dari pemerintah juga sangat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi bersama, dan juga dapat menunjang perekonomian mereka.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua LPPM UMP.Dr.Suwarno,M.Si. yang dalam sambutannya menyambut baik ide mahasiswa untuk memberikan pemahaman tentang prokes yang disampaikan oleh Kapolres. 

Suwarno juga menekankan bahwa prokes adalah sarana penting untuk mencegah penularan covid karena memang kenyataannya ada,meskipun tidak kelihatan. Mati adalah takdir, baik tidak terkena covid atau tidak, tetapi agar tidak terpapar covid maka prokes tetap harus dilaksanakan.

Ketua LPPM/dokpri
Ketua LPPM/dokpri
Webinar yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN di desa Grujuga ini juga melibatkan peserta untuk ikut aktif berpartisipasi dalam diskusi seputar protokol Kesehatan. Kegiatan ini juga ditujukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penanggulangan covid19 secara komprehensif kepada peserta webiar, baik peserta mahasiswa maupun masyarakat umum. (Aini Muliandari/Eka)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan