Mohon tunggu...
Eka Khristiyanta Purnama
Eka Khristiyanta Purnama Mohon Tunggu... Lainnya - Koordinator Produksi Media Pembelajaran dan PTP Ahli Madya

Pusdatin Kemendikbudristek

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Digital Safety

28 Oktober 2021   15:00 Diperbarui: 28 Oktober 2021   15:05 160 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Peradaban baru dalam dunia digital yang serba modern ini, internet bukan lagi menjadi barang mewah tetapi sudah menjadi barang yang wajar. Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari. 

Derasnya arus penggunaan internat, menjadi tantangan besar menghadapi perkembangan zaman dalam hal menjaga sisi keamanan dalam mengakses informasi yang ada.

Dalam hal ini, perlu menekankan aspek kecakapan digital yang harus dan terus ditingkatkan pada masyarakat supaya interaksi digital kelak mampu menampilkan konten yang kreatif, mendidik, menyejukkan dan menyerukan perdamaian. Untuk dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan melakukan literasi digital yang harus terus dilakukan masyarakat. 

Bagaimanapun juga, tantangan di ruang digital semakin besar, misal konten negatif, hoax, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme yang berbasis digital.

Digital Safety

Tentunya, literasi digital harus mendorong ke arah positif dan meningkatkan produktivitas pembelajaran yang mendorong kegiatan sosial dan pencerahan lainnya. 

Ibarat aset dunia nyata, aset digital juga perlu dijaga karena penting dan berharga seperti halnya menjaga dompet, smartphone, dan kendaraan kita yang perlu dikunci. Di sinilah pentingnya keselamatan digital atau digital safety dalam berselancar mengakses informasi dan komunikasi di internet.

Konsep digital safety merupakan konsep vital yang harus mulai diajarkan dari sejak dini mulai dari usia sekolah hingga dewasa. Begitu luasnya internet dan banyaknya pengguna terlibat di dalamnya tentu memberi dampak positif dan negatif. 

Namun, internet dapat memberikan dampak positif yang sangat besar termasuk keamanan bagi penggunanya jika mampu memegang konsep digital safety. Salah satu contoh adalah orangtua memantau sejak dini konten apa saja yang diakses anaknya

Digital safety adalah kemampuan melindungi diri dan aset digital saat sedang ada di ruang digital. Seolah-olah memang harus manfaatkan peluang yang ada di internet dan juga menjaga data digital. 

Adapun alasan digital safety untuk data digital karena hidup lebih dekat dan bergantung berbagai layanan di internet. Kadangkala, tidak tahu siapa yang akan ditemui saat berinternet. Kadang memberi data pribadi, semakin sering melakukan transaksi financial di internet, hidup terakses ke internet melalui berbagai gawai, perangkat lunak, dan apps, atau bahkan membawa alat kerja ke rumah dan sebaliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan