Mohon tunggu...
Eis Nina Marlina
Eis Nina Marlina Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA N 1 OKU

saya pribadi yang suka menulis dan belajar, kenal saya akan banyak tertawa....

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jurnal Refleksi 1.3 Visi Guru Penggerak

18 Desember 2022   14:55 Diperbarui: 18 Desember 2022   15:08 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr wb

kawan, kali ini saya akan menuangkan jurnal refleksi 1.3 visi guru penggerak saya dalam sebuah tulisan, semoga dapat menginspirasi

Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul 1.3  ini saya buat dengan menerapkan model DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning) yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009)

Description 

Pada modul 1.3 ini saya mempelajari tentang bagaimana cara membuat gambaran tentang murid impian di masa depan. Pembelajaran ini dimulai dengan sebuah refleksi pada alur mulai dari diri. Disini kita diminta untuk menggambarkan bagaimana murid impian kita di masa depan kurun waktu 5 atau 10 tahun ke depan. Pada tugas ini saya memimpikan murid saya adalah murid yang berkualitas baik dari segi spiritual, pengetahuan ataupun ketrampilannya yang kompetitif bermental juara memiliki kompetensi diri sendiri menjadi seorang pribadi yang mampu dan mau mengembangkan segala potensi yang diinginkan namun tetap dilandasi dengan profil pelajar pancasila.

 Dari gambaran murid impian itu Saya juga menjabarkan menjadi rumusan visi yang saya impikan yaitu Terwujudnya Murid  Berkualitas yang Memiliki Daya Saing Tinggi Dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Visi yang saya rumuskan agar mudah untuk diingat, dipahami karena visi adalah tujuan jangka panjang.

Pada tahap eksplorasi konsep ada hal menarik yang saya dapatkan yaitu saat kita diminta untuk berlatih membuat pertanyaan BAGJA ( Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan rencana, Atur Eksekusi) berdasarkan pengalaman kita di  sekolah. Saat itu saya mengangkat sebuah prakarsa perubahan "Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaarakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMA N 1 OKU ". 

Saya sangat senang saat membuat Alur BAGJA ini karena tergambar jelas upaya saya dan cara  untuk mewujudkan visi saya sebagai guru Penggerak. Ruang kolaborasi adalah salah satu alur yang saya nantikan,  karena saya dapat bertatap muka walaupun  hanya lewat g meet dengan teman-teman CGP yang lainnya saling bertukar fikiran membuka wawasan baru berdasarkan pengalaman rekan lainnya.. Pada sesi diskusi kelompok saya memaparkan Visi yang kami sepakati, sebelum diambil satu misi u ntuk di presentasikan pada ruko ke dua kami memaparkan visi masing masing dan memberikan alas an mengapa hal itu dinyatakan penting, kemudian  saya menjelaskan mengapa visi ini saya anggap penting dan apa alasan saya membuat Visi tersebut. Pada visi tersebut saya berusaha menjelaskan gambaran bahwa murid tidak hanya berkualitas pada aspek pengetahuan saja tetapi satu hal yang penting yaitu berkualitas dalam segi spiritual dan ketrampilan sehingga ana k memiliki daya juang dan saing yang tinggi . Ada nilai-nilai kebajikan yang termuat dalam visi yaitu mewujudkan profil pelajar Pancasila. Pastinya untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan prakarsa perubahan dan dirancang suatu tindakan perubahan dengan menggunakan  model inkuiri apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA

Berdasarkan diskusi dengan teman-teman, akhirnya saya bisa memahami cara membuat prakarsa perubahan dengan bantuan kanvas BAGJA. Pada tugas demonstrasi  kontekstual, saya
membuat sebuah prakarsa perubahan yang akan saya terapkan di kelas yaitu "Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaarakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMA N 1 OKU ". 

Pemahaman saya tentang merumuskan visi dan membuat perubahan prakarsa dengan inkuisri apresiatif alur BAGJA semakin tercerahkan setelah saya mengikuti sesi elaborasi dengan instruktur ibu Nur malina saya semakin paham bahwa visi itu dirumuskan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai atau gambaran murid impian dimana visi ini hendaknya memuat dimensi ataupun elemen profil pelajar pancasila

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun