Mohon tunggu...
Einstein Erlangga
Einstein Erlangga Mohon Tunggu... Auditor - Diisi apa

Bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Trip

Magis Biru di Pulau Bangka

9 November 2018   23:08 Diperbarui: 10 November 2018   00:06 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Danau kaolin yang berwarna biru #nofilter dokpri

Akhir tahun 2017 lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Bangka. Tujuan utamanya adalah untuk menghadiri acara pernikahan teman kantor yang kebetulan kampung halamannya di sana. Kebetulan juga pernikahan mereka jatuh di hari Sabtu, tanggal 30 Desember 2017. Dan lagi-lagi kebetulan hari Senin tanggal 1 Januari 2018 adalah hari libur nasional, saya pun memutuskan untuk merencanakan libur akhir tahun sekaligus libur tahun baru di Bangka. 

Kebetulan saya belum pernah ke Pulau Bangka dan jiwa petualang saya pun mulai memberontak. Kebetulan lagi, setelah cek tiket pesawat, harganya ngga jauh beda dengan hari-hari biasa. Kebetulan-kebetulan yang menyenangkan :)

Saya book tiket pesawat pp dengan harga sekitar Rp 1 juta. Oke juga kalau dipikir-pikir, di mana akhir tahun dan tahun baru biasanya sudah termasuk peak season. Harga tiket pp Jakarta - Pangkalpinang (ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) sendiri di luar peak season adalah sekitar Rp700-90o ribuan. Lumayan kan?

Ada alasan tersendiri sebetulnya saya begitu ingin ke Bangka. Selain karena memang harus menghadiri pernikahan teman saya, kulinernya, pantai-pantainya, (jangan lupa martabak asli bangkanya :D), saya pun tertarik dengan salah satu tempat wisatanya, yaitu Danau Kaolin Air Bara. Saya pertama kali lihat di postingan foto teman saya di Instagram dan langsung masuk wishlist seketika.

_ _ _

30 Desember 2017, sekitar pukul 8 pagi, pesawat mendarat mulus di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Mulus dan hujan. Pusing saya, takutnya masih hujan waktu nanti sampai di danau kaolinnya. Saya pun melanjutkan perjalanan menggunakan mobil sewaan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 70 km dari pusat kota Pangkalpinang.

#FaktaCepat:

- Bandara Depati Amir jaraknya ada di tengah Pulau Bangka dan tidak jauh dari pusat kota Pangkalpinang

- Sewa mobil sangat dianjurkan karena transportasi umum untuk ke Danau Kaolin Air Bara kelihatannya cukup sulit

- Lebih baik sewa mobil lepas kunci. Selain lebih hemat, jalan raya di Pulau Bangka pada umumnya kondisinya baik dan anti macet. Saya sendiri di sana nyetir sendiri dengan mengandalkan GPS untuk petunjuk arahnya

- Biaya sewa mobil lepas kunci sekitar Rp250 - 300 ribu per hari di luar bensin untuk mobil jenis MPV

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun