Mohon tunggu...
Egiwandi
Egiwandi Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - MAHASISWA

HOBI SAYA YAITU MEMBACA BUKU DAN MENULIS PUISI.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tips Sebelum Ujian Berlangsung

29 November 2022   15:53 Diperbarui: 29 November 2022   16:06 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya menyadari bahwa kehidupanku adalah sebuah ujian yang mana saya harus takluki. Tentu setiap ujian itu pasti ada yang namanya menguji dan diuji. Menjadi persoalnya bagaimana cara untuk memecahkan setiap misteri dalam setiap ujian itu. mejawabi pertanyaan ini, ada beberapa tips yang ingin saya bagikan kepada teman untuk melawan setiap misteri dalam setiap ujian.

1. Kenalilah dirimu

Mengenal diri sangat penting karena kita bisa mengetahui setiap kekurang dan kelebihan dalam diri. Ketika kita sudah mengenal diri maka mucul pertanyaan berikut “who am i”. Pertanyaan  ini membantu kita untuk membongkar rasa ingat diri yang mana rasa kemalasan dielakan misalnya jika saya seorang pelajar maka tugas utama saya adalah belajar bukan main game atau malas-malasan.

2. Jadilah diri sendiri

menjadi diri sendiri itu penting karena kita bisa membentuk diri kita kemudian mengidentifikasinya. ketika kita menjadi diri sendiri disitulah identitas kita terbentuk dan kita mempunyai kualitas hidup.

3. menghargai  waktu

Orang bijaksana itu dikatakan bijak karena mereka tahu apa yang mereka dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Saya yakin ketika kita menghargai waktu yang  digunakan pasti kita bisa menjadi orang yang bijak contohnya ujian nasional masih tinggal satu bulan lagi, maka apa yang kita buat? Sebagai seorang pelajar yang baik, pasti ia akan mempersiapkan diri dengan memanfaatkan waktu yang ada.

4. Berdoa

Ada pepatah mengatakan demikian “doakanlah apa yang kalian belajar, dan belanjakanlah apa yang kalian doakan”. Pepatah ini mau mengingatkan kita adalah segala sesuatu yang harus dibuat selalu diawali doa, karena doa yang memampukan kita untuk tetap kuat dalam setiap ujian yang kita hadapi.

Oke teman-teman mungkin itu yang saya bisa untuk bagaimana mengatasi ujian. Semoga sukses.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun