Mohon tunggu...
Cerpen

Pesimis

14 Februari 2019   18:56 Diperbarui: 14 Februari 2019   19:04 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

 aku itu orangnya pesimis. Apa-apa aja yang mau kulakukan pasti langsung takut duluan dan gak percaya diri.

Nih aku mau cerita sedikit pengalaman ku yang paling nyaris sedih tapi berujung bahagia.

Waktu SMA  kalo dengar PTN itu rasanya deg-degan. Kenapa? Karena aku pingin sekali masuk PTN kaya para abang dan kakak  senior kami waktu SMA. Tapi kadang aku juga mikir kayanya aku ga mungkin menang PTN, karena ngebayangin tes SBMPTN aku langsung ngerasa putus asa dan kayanya ga bakal mungkin menang, apalagi ingat kalo orang-orang medan jago semua dan persaingan dimana-mana.

So, karena udah putus asa buat SBMPTN duluan,  aku belajar semaksimal mungkin supaya nilai raport ku bagus dan nyoba jalur SNMPTN yang katanya ga testing dan hanya mengandalkan nilai raport aja. Dan hasilnya raport juga lumayan bagus dan lolos verifikasi SNM.

sekian lamanya diriku menunggu pengumuman SNMPTN dan ngerasa terlalu yakin lolos, sampai-sampai persiapan SBM hampir tak kupedulikan . Dan akhirnya apa? Hmm.. aku kalah SNM dan sedihnya itu luar biasa, tapi meskipun aku kalah aku ngerasa kalo aku itu ga boleh langsung nyerah, karena masih ada kesempatan supaya masuk PTN, yaitu salah satu tes yang kuragukan "SBMPTN".

Waktu belajar ku pun tak banyak karena setelah pengumuman SNM, udah dekat waktunya buat BM. Setelah selesai ujian SBM aku ngerasa kayanya aku  punya 80% menang dan 20% lagi kalah. So, karena sakin masih adanya feeling kalah aku juga berencana mengikuti Ujian di Politeknik Negeri Medan (POLMED), yang ujiannya diadakan setelah ujian SBM, dan akupun sibuk mencari buku panduan ujian dan bahkan sampai nanya-nanya   sama alumni SMA ku yang udah kuliah di POLMED tentang gimana kira-kira bentuk soal yang bakal keluar waktu ujian POLMED nanti. Aku juga udah menpersiapkan diriku bahkan sampai nangis-nangis didepan Ortu supaya diijinkan coba ujian lagi di POLMED.

Akhirnya pengumuman SBM tiba, dan jrengg.. ternyata aku menang. Senangnya bukan main loh.

Dan karena udah menang SBM akupun nngak jadi nyoba POLMED.Terus, aku langsung Berdoa dan Berterima kasih buat Tuhan yang udah baik banget sama ku.

Dan mulai saat itu aku pun berpikir kalau aku harus membuang rasa pesimis ku, dan memulai  rasa untuk lebih percaya diri dan pantang menyerah.

Dan aku juga Bersyukur karena di Kota perantauan ku ini,  ada banyak keluarga dan banyak juga teman-teman bahkan orang yang ga kukenal baik samaku.

Thank you God

Thank you All

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun