Mohon tunggu...
Egi Sukma Baihaki
Egi Sukma Baihaki Mohon Tunggu... Blogger|Aktivis|Peneliti|Penulis

Penggemar dan Penikmat Sastra dan Sejarah Hobi Keliling Seminar

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Listrik Pintar, Penerang Kehidupan Masyarakat Indonesia

16 April 2016   12:53 Diperbarui: 16 April 2016   13:11 0 0 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="Logo Listrik Pintar. Sumber Gambar: pln.co.id"][/caption]Listrik merupakan energi penting dalam kehidupan umat manusia.. Dengan adanya energi listrik, dapat membantu masyarakat menjalankan rutinitasnya sehari-hari seperti memasak, mencucui dan lain sebagainnya. Listrik juga sangat berguna untuk memudahkan proses pembelajaran siswa sehingga mereka bisa belajar di malam hari tanpa gelap, dan jika di sekolah, dapat membuat laboratorium berjalan dengan baik.

Pertumbuhan kebutuhan masyarakat akan energi listrik terus meninggkat seiring dengan masuknya listrik di desa-desa. Oleh karena itu karena mengetahui betapa pentingnya energi listrik bagi kehidupan masyarakat Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus meningkatkan berbagai sarana dan prasarana serta pelayanan akses penunjang listrik agar dapat tumbuh merata di seluruh wilayah Indonesia dan dengan mudah dapat dinikmati setiap lapisan masyarakat. Salah satu inovasi PLN yang tengah dikampanyekan kepada masyarakat adalah listrik pintar atau listrik prabayar.

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin masih menikmati produk PLN berupa layanan listrik paskabayar. Selama ini kita sebagai pelanggan akan menggunakan listrik dan membayarnya di akhir bulan. Dengan kebutuhan pasokan listrik setiap harinya, sebagai pelanggan tentu saja penggunaan listrik itu terkadang tidak terkendalikan dan membuat tagihan listrik kita membengkak bahkan selalu terlambat membayar listrik setiap bulannya. Setiap bulannya akan datang petugas yang akan memantau, mengecek dan mencatat meter yang telah digunakan oleh kita.

Akan tetapi, terkadang konsumen menjumpai petugas yang keliru dalam mencatat meter di rumah,  sehingga antara daya listrik dan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan listrik menjadi tidak sesuai. Keluhan seperti ini sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat. Ketika menggunakan listrik pascabayar, jika pelanggan terlambat membayar tagihan listrik maka PLN melalui petugasnya akan menyampaikan surat pemberitahuan pemutusan aliran listrik. Kini dengan berkembangnya teknologi, dan ditambah dengan kesibukan setiap orang yang berbeda-beda, PLN mempersembahkan inovasinya bagi para pelanggannya yaitu dengan menghadirkan produk layanan listrik prabayar atau lebih disebut sebagai listrik pintar. Pada layanan listrik prabayar ini telah menggunakan sistem token pulsa atau stromm. Sehingga pelanggan hanya perlu membeli pulsa listrik di gerai, loket online, minimarket atau penjual pulsa terdekat.
[caption caption="Dengan mudah dapat melakukan isi pulsa di ATM. Sumber Gambar: pln.co.id"]

[/caption]Bahkan kini dapat dibeli melalui layanan ATM. Jika pada layanan listrik pascabayar pelanggan menggunakan terlebih dahulu energi listrik baru di akhir bulan membayar dan terkadang jumlah biayanya yang harus dibayar lebih mahal, maka dengan listrik pintar ini kita harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk menikmati layanan listrik dengan begitu dari awal kita sudah tahu berapa biaya yang kita butuhkan selama pemakaian listrik di rumah.

Dengan adanya listrik pintar, kita sebagai pelanggan akan lebih dimudahkan dalam memantau meter dan biaya listrik setiap bulannya. Karena dengan sistem isi ulang, maka kita sendiri dapat mengontrol dan mengatur kebutuhan listrik kita setiap bulannya.

Jika dahulu ketika menggunakan listrik, kemudian ada petugas yang datang ke rumah untuk mengecek atau menghitung meter kita, jika terlambat membayar maka akan datang petugas yang memberikan selebaran surat pemutusan sambungan listrik sementara, jika tetap tidak membayar maka akan diputus permanen. ketika menggunakan listrik pintar pelanggan akan terhindar dari kesalahan pembacan meter atau pencatatan oleh petugas, dan tidak ada lagi kata terlambat membayar.
[caption caption="MPB (Meter Prabayar) dapat dipantau setiap waktu dengan mudah. Sumber Gambar: pln.co.id"]

[/caption]Jika daya listrik di MPB (Meter Prabayar) yang terpasang di rumah akan habis, maka akan ada kedipan lampu merah dan alarm sebagai peringatan  bahwa MPB perlu diisi ulang sehingga kita akan tahu kapan daya dalam MPB habis dan perlu diisi kembali. Jika dirasa penggunaan listrik boros, maka konsumen dapat memperkecil (menghemat) sendiri kebutuhan pemakaian listriknya. Tidak ada biaya keterlambatan yang biasanya disebabkan ketika terlambat membayar tagihan listrik pascabayar.

Meter prabayar  secara otomatis akan mencatat pemakaian listrik secara akurat. MPB akan memberikan informasi kepada konsumen berupa jumlah energi listrik yang dimasukan (ketika mengisi pulsa listrik),  jumlah energi listrik yang sudah terpakai, yang sedang digunakan (real time) dan energi yang tersisa

Jika rumah dalam kondisi kosong dalam waktu lama karena ditinggal berpergian kita pun tidak perlu khawatir jika listrik jalan terus. Konsumen dapat tidak mengisi pulsa listrik sehingga tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan.

Adanya listrik pintar memang dapat mempermudah masyarakat dalam menikmati energi listrik dalam kehidupannya sehari-hari karena bersifat praktis dan lebih mudah. Maka dari itu mari mulai dari sekarang kita beralih menggunakan listrik pintar. agar listrik dapat menyinari kehidupan kita.[caption caption="Mari beralih menggunakan Listrik Pintar. Sumber Gambar: pln.co.id"]

[/caption]

KONTEN MENARIK LAINNYA
x