Mohon tunggu...
Ega Astary
Ega Astary Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa Gizi

Mahasiswa Gizi dengan sejuta keingintahuan dan haus akan ilmu

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Diet Gizi Seimbang Efektif Tingkatkan Imunitas

20 Januari 2021   19:30 Diperbarui: 20 Januari 2021   19:45 155 2 0 Mohon Tunggu...

Jika mendengar kata diet, pada umumnya orang akan berfikir ke pengurangan makanan atau salah satu upaya menjadi kurus. Namun, apakah hal itu benar? Tentu saja tidak.

Diet adalah mengatur pola makan. Lalu apa yang di maksud dengan diet gizi seimbang itu? diet seimbang sendiri berarti mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebelum mengatur pola makan , mengetahui kebutuhan tubuh adalah bagian penting yang tidak boleh terlupakan. Cara mengetahui kebutuhan tubuh bisa dengan berbagai rumus perhitungan yang Sudah Banyak di jumpai di internet, yang paling mudah adalah perhitungan brocca.


Diet gizi seimbang sendiri memiliki empat pilar yaitu mengkonsumsi makanan beragam atau bervariasi, menjaga kebersihan, berolahraga rutin dan menjaga berat badan ideal.Contoh dari makanan beragam adalah nasi yang berperan sebagai karbohidrat tidak dimakan sendirian melainkan di makan bersama dengan tempe/ tahu sebagai lauk nabati yang kaya akan protein nabati, ayam /telur yang berperan sebagai protein hewani, dan tidak melupakan sayur dan buah sebagai sumber vitamin  dan serat. Kelengkapan zat gizi makro dan mikro di dalam tubuh ini lah yang akan meningkatkan imunitas.

 Imunitas atau sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan toksin (racun). Tidak hanya dari makanan menjaga kebersihan, olahraga secara rutin dan menjaga berat badan ideal juga merupakan pilar penting yang harus di jaga sedari dini.Prinsip gizi seimbang ini terbukti berpengaruh besar terhadap imunitas, dan telah di bukti kan oleh beberapa peneliti sebelumnya.

maka jangan ragu untuk hidup dengan diet gizi seimbang , jaga prinsip nikmati hingga nanti

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x