Mohon tunggu...
ega adi nurdyantoro
ega adi nurdyantoro Mohon Tunggu... Programmer - freelance

just ordinary man

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengapa Aplikasi Truth Social yang Didukung Trump Masih Belum Tersedia di Google AppStore

31 Agustus 2022   09:58 Diperbarui: 31 Agustus 2022   10:02 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Washington - Aplikasi Truth Social, jejaring sosial mirip Twitter yang didukung oleh mantan Presiden Donald Trump, tetap tidak tersedia di AppStore Android milik Google karena kekurangan dalam sistem moderasi konten aplikasi, menurut juru bicara Google.

Aplikasi yang disukai oleh banyak pendukung Trump masih belum memenuhi standar Google Play Store, termasuk kebijakan terhadap hasutan dan ancaman fisik kekerasan, kata perusahaan itu kepada CNN, pada hari Selasa.  

"Pada 19 Agustus kami memberi tahu Truth Social tentang beberapa pelanggaran kebijakan standar dalam pengajuan aplikasi mereka saat ini dan menegaskan kembali bahwa memiliki sistem yang efektif untuk memoderasi konten buatan pengguna adalah syarat dari persyaratan layanan kami untuk aplikasi apa pun untuk ditayangkan di Google Play," kata juru bicara Google kepada CNN. "Minggu lalu, Truth Social membalas tanggapan kami dan mengatakan bahwa mereka sedang berupaya mengatasi masalah ini.

Pernyataan Google ini pertama kali dilaporkan oleh Axios . 

Meskipun Truth Social telah tersedia untuk pre-order di Google Play Store sejak 3 Agustus, aplikasi tersebut masih belum dirilis secara resmi, meskipun Truth Social akan diluncurkan untuk perangkat Apple beberapa bulan sebelumnya, pada bulan Februari. 

Dalam wawancara media yang diposting ke YouTube pada hari Jumat, Devin Nunes, CEO dari keluarga Truth Social, Grup Teknologi & Media Trump, mengatakan Truth Social telah "sukses besar bekerja dengan Apple; dengan Google, kami hanya menunggu." Dia menambahkan bahwa keputusan untuk mendaftarkan Truth Social adalah "terserah Google Play Store" dan bahwa "kami menunggu mereka untuk menyetujui kami.

Tetapi Google mengatakan kepada CNN bahwa itu adalah distorsi, menambahkan bahwa itu telah dengan jelas mengomunikasikan bagaimana Truth Social masih belum memenuhi persyaratan yang memungkinkan aplikasi terdaftar untuk diunduh. 

Tidak seperti sistem operasi seluler Apple, yang memaksa pengguna untuk mengunduh aplikasi secara eksklusif dari toko aplikasi milik Apple, aplikasi Android dapat diunduh dari sumber mana pun. Truth Social tampaknya tidak ditawarkan melalui situs webnya sendiri atau melalui pasar aplikasi pihak ketiga. 

Pada hari Selasa, Trump Media & Technology Group mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka "terus bekerja dengan itikad baik" dengan Google. 

"TMTG tidak memiliki keinginan untuk memperkarakan masalah bisnisnya di ruang publik, tetapi sebagai catatan, TMTG telah segera menanggapi semua pertanyaan dari Google," kata perusahaan itu. "Adalah keyakinan kami bahwa semua orang Amerika harus memiliki akses ke Truth Social apa pun perangkat yang mereka gunakan. Kami berharap Google menyetujui Truth Social secepat mungkin."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan