Mohon tunggu...
Efrita Nelvist
Efrita Nelvist Mohon Tunggu... Just Pipit

Fly High!!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

7 Manfaat Multilingual bagi Ibu Rumah Tangga

21 April 2021   08:41 Diperbarui: 21 April 2021   08:46 60 3 2 Mohon Tunggu...

Apa yang kita bayangkan ketika mendengar istilah ibu rumah tangga (IRT)? Di rumah saja, pekerjaan rumah tangga yang tidak pernah rampung, keruwetan dunia anak-anak, daster, atau kegiatan bergibah di depan rumah pak RT? Demikianlah gambaran umum tentang ibu rumah tangga yang biasanya ada dalam bayangan banyak orang. Gambaran ini tidak salah, meski juga tidak sepenuhnya benar.

Saat ini pekerjaan yang disebut ibu rumah tangga tersebut telah banyak melahirkan kartini-kartini milenial yang berdedikasi tinggi, banyak juga yang menghasilkan pundi-pundi tabungan dengan berbisnis, ada juga yang menggeluti dunia pendidikan di rumah, serta tak berbilang yang melahirkan anak-anak yang hebat di bidangnya.

Kita tidak bisa lagi meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga zaman sekarang. Teknologi yang makin maju terus memaksa semua orang, termasuk ibu rumah tangga, untuk meningkatkan nilai diri agar tidak tergerus zaman, termasuk dengan penguasaan bahasa asing.

Menjadi seorang multilingual tidak lagi harus terikat dengan sebuah instansi. Belajar bahasa bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Belajar bahasa bisa dilakukan secara autodidak di rumah tanpa mengenal batasan usia.

Seorang ibu rumah tangga yang mempelajari bahasa asing mempunyai banyak sekali keuntungan, di antaranya adalah:

1. Menyalurkan hobi

Banyak sekali orang yang mempelajari bahasa asing untuk sekadar memenuhi rasa keingintahuan, penasaran, bahkan pemenuhan hobi. Untuk sekedar mengisi waktu istirahat ibu rumah tangga yang sedikit, mempelajari hobi yang bermanfaat ini tidak akan membuat waktu terbuang sia-sia.

2. Bernilai positif

Seorang ibu rumah tangga bisa meningkatkan nilai dirinya dengan mempelajari ilmu baru, termasuk ilmu bahasa yang dikuasainya. Nantinya, ilmu ini bisa dia tularkan ke orang-orang yang membutuhkannya.

3. Berkarier sebagai penerjemah

Penerjemah bahasa asing masih banyak sekali dibutuhkan, apalagi untuk buku-buku berbahasa minor. Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah di sela-sela waktu istirahat seorang ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga pun bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat dan bisa menghasilkan tambahan uang untuk keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN