Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Menulis dari balik tembok

Bahasa dan Sastra Prancis | Bulan Juni, fokus ulas Euro dan Copa America Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sejarah Seragam Biru Timnas Italia, Kenapa Tidak Hijau Sesuai Warna Bendera?

14 Juni 2021   21:49 Diperbarui: 14 Juni 2021   23:13 564 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Seragam Biru Timnas Italia, Kenapa Tidak Hijau Sesuai Warna Bendera?
Timnas Italia 2021 dengan seragam biru. (Do. Twitter/azzurri)

Dalam sepak bola, pemain mudah mengenali siapa lawan dan kawan mereka dalam menjalani pertandingan berdasarkan penglihatan mereka atas warna seragam. Lebih dari itu, warna seragam mewakili identitas tim.

Klub AC Milan, misalnya, dijuluki I Rossoneri yang berarti merah dan hitam. Real Madrid memiliki nama lain, Los Blancos yang berarti putih. Itulah warna seragam kandang mereka.

Warna mengungkap banyak sejarah dan filosofi tim. Biasanya, kita melihat seragam timnas suatu negara mengadopsi warna bendera nasional mereka.

Timnas Prancis mengenakan seragam biru sesuai warna bendera. Di dalam negeri, timnas Indonesia mendapat julukan timnas Merah Putih.

Tetapi, beberapa negara mengecualikannya. Salah satunya adalah timnas Italia. Negara Pisa selama ini memilih biru langit sebagai warna seragam kandang. Ini kelihatan unik karena warna biru tidak terdapat dalam bendera mereka.

Lalu, mengapa seragam Italia berwarna biru?

Penjelasannya dimulai dari sejarah negara Italia. Warna adalah imajinasi kolektif suatu bangsa. Sebelum melacak dari mana asal usul warna biru, ada baiknya berpetualang ke masa lalu negara ini.

Orang mungkin lebih mengenal Italia lewat kekayaan budaya dan era renaissance, ilmuwan Galileo, seniman Leonardo da Vinci, Paus dan sebagainya.

Tetapi, keadaan Italia zaman dahulu juga banyak diwarnai pemberontakan terhadap kekuasaan. Negara ini terbagi atas beberapa wilayah kekuasaan dengan pengaruh kuat Gereja Katolik. 

Napoleon Bonaparte dari Prancis juga pernah melakukan invasi ke Italia yang memberi banyak cukup pengaruh terhadap corak budaya dan pemerintahan di sana. 

Munculnya warna hijau-putih-merah adalah simbol pemberontakan yang dipilih rakyat. Mereka mengadopsi bendera Revolusi Prancis biru-putih-merah dan menggantikan biru dengan hijau, mengutip laman lagazzettaitaliana.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN