Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Menulis dari balik tembok

Bahasa dan Sastra Prancis | Bulan Juni, fokus ulas Euro dan Copa America Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Artikel Utama

Gara-gara Nelayan, Hubungan Inggris-Prancis Panas sampai Kirim Kapal Perang

7 Mei 2021   19:42 Diperbarui: 9 Mei 2021   07:52 1735 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gara-gara Nelayan, Hubungan Inggris-Prancis Panas sampai Kirim Kapal Perang
Kapal perang Inggris muncul di antara kapal nelayan Prancis yang protes di perairan Jersey. (Foto: Michael Bewley/Sky News)

Hubungan Inggris dan Prancis memanas dalam masa transisi Brexit. BBC melaporkan dua kapal perang Angkatan Laut Britania Raya (Royal Navy), HMS Severn dan HMS Tamar mengitari perairan Jersey, pulau di utara Prancis. 

Prancis tak tinggal diam, mereka membalas dengan mengirimkan dua kapal patroli. Di Twitter, netizen membahas konflik kedua negara sambil menyertakan #warwithfrance (perang dengan Prancis).

Kenapa Inggris dan Prancis konflik?

Untuk mendapat gambaran jelas, mari melihat letak negara Prancis, Inggris dan Jersey. 

Inggris dan Prancis adalah dua negara bertetangga yang dipisahkan selat Inggris atau perairan Channel. Inggris di bagian utara, Prancis di bagian selatan.

Di antara Prancis dan Inggris, terdapat sebuah pulau kecil (120 km persegi) bernama Jersey yang merupakan negara dependensi Kerajaan Inggris (crown dependencies).

Sebagai negara dependensi, Jersey punya kedaulatan untuk menjalankan roda pemerintahannya. Sementara itu, urusan hubungan internasional diwakili Inggris. Penduduk di sana menuturkan bahasa Inggris dan bahasa Jersey. 

Keunikan Jersey adalah mereka bukan bagian Inggris, juga bukan anggota dari Uni Eropa sehingga adanya konflik di perairan Jersey menambah runyam masalah pasca Brexit.

Letak negara Jersey dari Google Maps.
Letak negara Jersey dari Google Maps.

Protes nelayan Prancis

Masalah yang ada di perairan Jersey berawal dari aturan baru tentang hak menangkap ikan. Ini ada kaitannya dengan aturan transisi pasca Brexit.

Kita tahu Inggris keluar dari Uni Eropa sejak 1 Januari 2021. Hukum Uni Eropa sudah tak berlaku lagi. Dalam masa transisi sekarang, Inggris dan Uni Eropa melakukan serangkaian negosiasi menyangkut kemitraan dan perjanjian dagang.

Salah poin penting dari perjanjian baru Inggris dan Uni Eropa adalah aktivitas penangkapan ikan. Selain penyedia sumber protein terbesar, laut juga menjadi penentu keberlangsungan hajat hidup alias mata pencarian orang Prancis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x