Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Menulis dari balik tembok

Penulis spesialis tengah malam Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kenali, Anggrek Vanda Tanaman Hias 2021 yang Siap Geser Posisi Janda Bolong

14 Januari 2021   20:46 Diperbarui: 14 Januari 2021   20:50 138 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali, Anggrek Vanda Tanaman Hias 2021 yang Siap Geser Posisi Janda Bolong
Anggrek vanda. (Foto: Instagram/bersemi_orchid) 

Bunga anggrek vanda cocok dipilih sebagai tanaman hias 2021 untuk menambah keindahan pekarangan rumah. Warna ungu dengan bercak putih di kelopak bunga menjadi daya tarik.

Keberadaan anggrek vanda tersebar di negara Asia Tenggara, Papua Nugini hingga Australia.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar tanaman hias ini, saya menanyakannya kepada pecinta tanaman anggrek, Anggi Dameria, melalui sambungan telepon. Bila berkunjung ke rumahnya, deretan bunga anggrek terliaht memenuhi pekarangan halaman depan.

Kebetulan, Anggi termasuk pengagum anggrek vanda dari sekian jenis anggrek yang dimilikinya. Keunggulan anggrek ini, ujarnya, menonojol dari warna kelopak bunganya yang bermotif.

Selain itu, perawatan anggrek vanda terbilang mudah dilakukan dibanding jenis anggrek lainnya.

"Sebenarnya selain anggrek vanda, ada anggrek bulan dan dendrobium yang punya kelopak dengan corak. Tapi, kenapa pilih vanda? dia less effort, cukup digantung, sedangkan bulan harus pakai media gampang lembab," kata gadis asal Pare, Kediri ini.


Dari segi popularitas, tanaman anggrek tergolong istimewa selama bertahun-tahun. Anggrek berbeda dari jenis tanaman hias lainnya berupa daun-daunan seperti Janda Bolong yang sempat hits pada tahun lalu atau anthurium gelombang cinta.

Popularitas tanaman-tanaman dedaunan ini hanya bertahan singkat. Berbeda dengan anggrek yang akan selalu diminati pencinta tanaman hias kapapnpun.

Anggrek vanda termasuk yang paling banyak diburu. Harga anggrek vanda sendiri bukan tidak mungkin akan berpeluang melonjak tajam pada tahun ini.

Faktor yang mendorong lonjakan harga tanaman hias memang sulit diukur. Biasanya, harga tanaman hias menjadi tinggi disebabkan karena popularitasnya yang mendadak naik atau viral di media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN