Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Mengukir Eksistensi

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Artikel Utama

Pentingnya Aspek Keselamatan pada Angkutan Perairan

14 Juni 2024   20:15 Diperbarui: 15 Juni 2024   12:07 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aspek keselamatan penting bagi pelaksana angkutan perairan khususnya PT Pelni. (Dokumentasi Pribadi) 

Tidak bisa dibayangkan jika musibah kebakaran yang menimpa KM Umsini baru-baru ini, terjadi di perairan laut saat lagi dalam pelayaran. Kemungkinan akan banyak korban yang timbul atas musibah tersebut.

Untungnya kebakaran terjadi saat kapal sedang sandar di dermaga pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, sehingga jatuhnya korban bisa dihindari. Serta mobilisasi unit pemadaman kebakaran, dapat dilibatkan untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Walau tidak ada korban jiwa dalam kebakaran pada kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tersebut, namun ribuan penumpang yang berada dalam kapal sempat dievakuasi ke dermaga, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sejatinya musibah kebakaran tersebut tidak harus terjadi, jika saja petugas (kru) KM Umsini tanggap menjalankan aspek keselamatan dan keamanan pada angkutan perairan, sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang no 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

Di mana pada pasal 40 UU tersebut menyebutkan, perusahaan angkutan di perairan bertanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan penumpang dan barang yang diangkutnya.

Tentu bukan soal kebakaran terjadi di mana? Apakah di tengah perairan laut atau di dermaga? Namun soal pentingnya aspek keselamatan dan keamanan tersebut, menjadi sebuah tanggung jawab yang dapat mencegah timbulnya musibah. Baik kecelakaan maupun kebakaran pada kapal.

Terminal penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. (Dokumentasi Pribadi) 
Terminal penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. (Dokumentasi Pribadi) 

Meski kebakaran terjadi di dermaga, namun setidaknya sudah turut berdampak pada ribuan penumpang yang terpaksa mengalami penundaan pemberangkatan sesuai jadwal. Karena kapal tidak dapat digunakan untuk melanjutkan pelayaran ke trayek selanjutnya.

KM Umsini terpaksa harus ditarik untuk masuk docking (perbaikan), karena dampak kebakaran tersebut. Padahal tadinya kapal ini sempat membawa penumpang menuju Makassar, dan harus mengakhiri pelayaran karena kebakaran yang dialami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun