Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Saat Sulteng Warnai Rangkaian KTT G20 Lewat Investasi Hijau

17 November 2022   14:58 Diperbarui: 17 November 2022   17:25 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penandatanganan HoA di B20 Summit di Bali yang dihadiri Gubernur Sulteng. Doc IG Anandya Bakrie

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia 2022 bertema "Recover Together, Recover Stronger" telah selesai dihelat di Pulau Dewata Bali. Namun ada satu momentum yang turut mewanai perhelatan geopoltik global tersebut.

Momentum tersebut yakni keterlibatan daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai satu satunya Provinsi di Indonesia yang turut mengambil bagian dalam perhelatan B20 Summit Indonesia 2022 sebagai rangkaian dari kegiatan KTT G20 di Bali.

Momentum keterlibatan Sulteng, yakni melalui acara Penandatangan Head of Agreement (HoA) PT Bakrie and Bothers Tbk dengan Envisions Group. Dimana Gubernur Sulteng Rusdy Mastura hadir langsung menyaksikan penadatangan HoA, bertempat di Bali Nusa Dua Coventions Center, beberapa hari lalu.

Gubernur Sulteng berkepentingan untuk hadir langsung di Bali, karena Sulteng menjadi daerah investasi dari Penandatanganan HoA tersebut. Turut menyaksikan penandatangan Menteri Investasi dan BPKPM juga delegasi dari Pemerintah Negara Inggris.

Momentum B20 Summit Indonessia 2022 menjadi momentum strategis bagi daerah Sulteng, mengingat potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliknya. Dimana lewat SDA tersebut dipastikan memberikan dampak siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah Sulteng, karena memiliki posisi strategis dalam pengembangan industri nasional dan dunia.

Adapun penandatangan HoA antara PT Bakrie and Bothers Tbk dengan Envisions Group adalah sebagai tindak lanjut kedua perusahaan, dalam membangun kerjasama dibidang industri ramah lingkungan. Sebagaimana diketahui industri ramah llngkungan atau investasi hijau menjadi agenda penting dalam KTT G20 yang dikehendaki Indonesia dalam hal ini Presiden Jokowi.

Keseriusan Pemerintah Indonesia dalam meyakinkan berbagai negara untuk dapat berinvestasi dalam hal ini investasi hijau di Indonesia, tidak sekedar ucapan semata. Namun dibarengi pendekatan diplomasi yang disertai dengan fakta keunggulan serta potensi besar yang dimiliki.

Itulah sebabnya Presiden Jokowi dalam kapasitas sebagai Presidensi G20 (Sebelum beralih ke India), begitu percaya diri memainkan peran geopolitik global, guna menumbuhkan kepercayaan terhadap Indonesia dalam melakukan investasi hijau.

Presiden Jokowi  sampaikan tiga strategi dalam B20 Summit. Doc IG Presiden Jokowi
Presiden Jokowi  sampaikan tiga strategi dalam B20 Summit. Doc IG Presiden Jokowi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun