Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Rumah Kryut, Patung Yesus dan Destinasi Wisata Religi di Tentena

8 November 2022   12:47 Diperbarui: 9 November 2022   07:56 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Prosesi peletakkan batu pertama oleh Ketum Sinode GKST. Doc Pri

Sekian lama rumah perintis pekabaran injil di Tanah Poso pada akhir abad ke 19, Albertus Christiaan (AC) Kruyt, menjadi saksi bisu akan sejarah peradaban kehidupan religiusitas masyarakat Poso pada umumnya dan Pamona pada khususnya.

Kini dalam upaya merevitalisasi rumah bersejarah yang menjadi aset Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), sebuah monumen Patung Tuhan Yesus Memberkati setinggi 15 meter akan dibangun di lokasi tersebut.

Patung ini nantinya akan menjadi ikon terhadap keberadaan destinasi wisata religi yang ada di Tentena Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso. Sebagai sebuah peninggalan sejarah, rumah AC Kruyt menjadi tempat yang tepat untuk hadirnya patung tersebut

Untuk mewujudkan rencana mulia itu, kegiatan prosesi peletakkan batu pertama telah dilaksanakan hari Jumat tanggal 4 November 2022. Prosesi peletakkan batu pertama dawali dengan ibadah yang memadukan unsur budaya Pamona Poso  

Ibadah berlangsung khidmat dan antusias dari undangan yang hadir. Diantaranya Majelis Sinode GKST, Pemerintah Kecamatan Pamona Puselemba, Tokoh Agama, Hamba Tuhan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Mahasiswa STT GKST serta undangan lainnya.

Pembangunan Patung Tuhan Yesus memberkati sepenuhnya diinisiasi dan difasilitasi oleh Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tengah Lukky Semen. Sebuah keterpanggilan iman, agar di Tentena juga punya monumen religi sebagaimana yang sudah ada daerah lain di Indonesia.

Senator Lukky Semen bersama istri Desiana Trisnawati Tobigo melakukan peletakan batu pertama. Doc Pri
Senator Lukky Semen bersama istri Desiana Trisnawati Tobigo melakukan peletakan batu pertama. Doc Pri

Peletakkan batu pertama oleh Camat Pamona Puselemba. Doc Pri
Peletakkan batu pertama oleh Camat Pamona Puselemba. Doc Pri

Seperti di Buntu Burake Tana Toraja, Manado serta Pulau Lembe Bitung Sulawesi Utara. Ikon wisata religi tersebut menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun