Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Pesan Struktural Pertemuan Jokowi dan Elon Musk

15 Mei 2022   16:24 Diperbarui: 16 Mei 2022   15:45 1014 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan CEO Tesla Inc, yang juga pendiri Space X di Boca Chica, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/5/2022). Foto: Dokumentasi Sekretariat Kabinet via Kompas.com

Dalam kunjungan kerja kenegaraan ke Amerika Serikat untuk mengikuti KTT  Khusus ASEAN-AS, Presiden Jokowi menyempatkan berkunjung ke Gedung Stargate Space X, Boca Chica dan bertemu sang tuan rumah Elon Musk.

Pada postingan di media sosialnya, Presiden Jokowi menyertakan dokumentasi foto sedang bersama Elon Musk disertai narasi, keduanya berbicara tentang teknologi dan inovasi. Seusai berdiskusi dengan tuan rumah, Elon Musk mengajak dirinya meninjau lokasi fasilitas produksi roket Space X di Boca Chica.

"Kurang lebih sejam lamanya kami melihat lihat dari dekat pabrik yang melahirkan roket roket angkasa luar ini. Saya juga telah mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia," ujar Jokowi dalam postingannya.

Di balik dokumentasi foto berdua dan narasi di medsos tersebut, Jokowi selaku Presiden hendak menyampaikan pesan struktural kepada publik di tanah air dan juga dunia. Yakni tentang sebuah pertemuan yang egaliter sekaligus penuh makna.

Pesan struktural dimaksud adalah pesan yang berisikan tentang pengakuan dua sisi antara dua tokoh publik. Di mana tokoh yang satu menghormati dan mengakui kelebihan dari tokoh lain, demikian pula sebaliknya.

Siapa di dunia ini yang tidak kenal dengan sosok Elon Musk. Yakni pengusaha, penemu, dan tokoh bisnis dari Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri CTO, dan CEO Space X, serta CEO dan arsitek produksi Tesla.

Selain itu Elon Musk saat ini dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia menurut laporan Forbes Billionaires 2022. Nilai kekayaan bersihnya mencapai US$ 219 miliar atau setara Rp 3.144 triliun

Sementara dunia mengenal sosok Jokowi sebagai Presiden dari sebuah negara besar bernama Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Dimana saat ini memegang jabatan penting sebagai Presidensi G20.

G20 adalah forum kerja sama multilateral ang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia. Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 di Bali.

Jokowi melihat langsung pabrik roket Space X di Amerika. Sumber: detik.com
Jokowi melihat langsung pabrik roket Space X di Amerika. Sumber: detik.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan