Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lolos Secara Dramatis, Tangis Denmark Berganti Sukacita

22 Juni 2021   14:53 Diperbarui: 22 Juni 2021   20:03 143 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lolos Secara Dramatis, Tangis Denmark Berganti Sukacita
Pemain Timnas Denmark merayakan kemenangan atas Rusia. Doc Jonatan Nackstrand/AP

Penampilan spartan Timnas Denmark Selasa dinihari tadi melawan Timnas Rusia, menjadi antiklimaks dari pertandingan perdana yang diwarnai tangisan dan kesedihan. Kemenangan 4-1 membangkitkan luapan sukacita seluruh pemain dan suporter Denmark yang memberi dukungan penuh di stadion.

Masih teringat dipertandingan perdana Grup B Uero 2020, saat Timnas Denmark melawan Timnas Finlandia di Parken Stadium Copenhagen, Minggu 12 Juni 2021. Dua kejadian mewarnai laga tersebut yang membuat pemain dan suporter Denmark sangat terpukul, hingga mengeluarkan tangis kesedihan.

Pertama, insiden kolapsnya Christian Eriksen di akhir babak pertama. Terlihat pemain Denmark menangis saat mengelilingi Eriksen yang  jatuh tak sadarkan diri. Bukan hanya itu, suporter Denmark juga terlihat menangis di tribun stadion atas insiden tersebut.

Kedua,  kekalahan Timnas Denmark atas Finlandia 0-1 setelah pertandingan dilanjutkan kembali. Hasil pertandingan perdana  yang  tidak menguntungkan, tentu saja membuat pemain dan suporter Denmark terpukul dan sedih, karena bakal tertatih tatih menghadapi dua laga sisa.

Terbukti di pertandingan kedua, kembali Denmark menerima kekalahhan dari Timnas Belgia 1-2. Dengan dua kali kekalahan otomatis  peluang lolos sangat tipis. Sisa satu pertandingan hanya 'mukjizat' yang bisa meloloskan. Peluang masih terbuka jika dipertandingan terakhir Denmark menang dengan agregat gol lebih besar.

Dan apa yang terjadi Selasa dini hari tadi di Parken Stadium adalah benar benar 'mukjizat'. Denmark yang sudah dua kali kalah, akhirnya lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan Timnas Rusia dengan kemenangan telak 4-1.

Empat gol Denmark dicetak oleh Mikel Damsgaard, Yussuf Poulsen, Andreas Christensen, dan Jaokim Maehle. Sementara, Rusia hahya bisa membalas lewat gol penalti Artem Dzyuba.

Denmark dilaga ketiga tersebut tampil luar biasa lewat permainan yang spartan, ngotot dan daya juang yang tinggi untuk meraih kemenangan. Bak kesetanan, pemain Denmark tanpa kenal lelah terus menerus menggempur pertahanan lawan untuk menjebol gawang Rusia sebanyak 4 kali.

Duel sengit pemain Denmark dan Rusia. Doc REUTERS/Friedemann Vogel
Duel sengit pemain Denmark dan Rusia. Doc REUTERS/Friedemann Vogel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN