Mohon tunggu...
Efi RiyantiSPd
Efi RiyantiSPd Mohon Tunggu... Lainnya - Semangat belajar dan tumbuh.

EFI RIYANTI. Kelahiran Kota Kuda pada 31 Oktober. Seorang ibu rumah tangga dan sudah memiliki seorang putra. Penulis sudah menerbitkan 13 buku antologi. Penulis dapat diikuti jejaknya melalui: E-Mail: efiriyanti216@gmail.com Instagram: @efii_riyanti KBMApp: Efi Riyanti šŸ’Semangat belajar dan tumbuh.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri

25 Agustus 2021   08:58 Diperbarui: 25 Agustus 2021   09:26 104 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Dalam hidup, kita pasti pernah merasakan hal yang tidak menyenangkan. Misalnya, mengalami perceraian dalam keluarga, kehilangan seseorang, ataupun peristiwa lain yang buruk membuat kita tertekan hingga terbawa; penyesalan, kesedihan, dan ketakutan tiada henti yang selalu diingat.

Setiap orang pasti memiliki kenangan di masa lalu. Semua yang telah kita lewati akan menjadi masa lalu dan takbisa terulang kembali. Baik itu kenangan yang indah ataupun buruk. Ā Ada yang sampai trauma dengan kenangan di masa lalu hingga sulit berdamai dengan diri sendiri.

Berdamai dengan diri sendiri merupakan hal yang penting dalam membangkitkan semangat hidup. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berdamai dengan diri sendiri akibat trauma peristiwa di masa lalu.

1. Tekad yang Kuat

Selain niat, memiliki tekad yang kuat untuk bangkit dari trauma sangat kita perlukan. Terkadang, kita perlu terjatuh di titik paling rendah untuk menjadikan diri lebih baik lagi. Kuatkan tekad untuk segera bangkit dari keterpurukan, bahwa masa lalu seharusnya menjadi pelajaran di masa yang akan datang.

2. Berlapang Dada

Tidak mudah memang berlapang dada menerima sebuah keburukan dari masa lalu. Namun, berusaha memaafkan dan menerima dengan lapang akan membuat pikiran kita lebih tenang, hati lebih lega, bisa menerima pengalaman buruk sebagai bagian dari hidup.

3. Kuatkan Doa

Kehidupan yang dijalani tidak pernah bisa lepas dari doa. Lebih mendekatkan pada yang Mahakuasa. Kuatkan doa pada Dia pemilik segala-Nya. Doa akan sangat membantu memudahkan kita menerima segala takdir-Nya. Menyadari jalan hidup yang harus kita lalui. Karena tidak ada yang bisa merubah apapun yang sudah terjadi di masa lalu, peristiwa baik ataupun buruk.

4. Berfikir Positif

Tidak semua yang kita rencanakan bisa berhasil dengan sempurna sesuai yang diharapkan. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang kurang sempurna. Ingat, salah itu wajar dan semua orang pernah melakukannya. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, ketakutan, dan penyesalan. Dengan berfikir positif hidup kita bisa lebih tertata lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan