Mohon tunggu...
Efi anggriani
Efi anggriani Mohon Tunggu... Wiraswasta

Menulislah dan biarkan tulisanmu mengikuti takdirnya-Buya Hamka

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Ambil Sesuatu yang "Sehat"

28 Juni 2019   10:26 Diperbarui: 28 Juni 2019   10:35 9 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ambil Sesuatu yang "Sehat"
Dokpri-Universal Studio

Berbagai  cara digunakan manusia agar terhindar dari penyakit,pola hidup sehat dicanangkan,makanan jenis vegan untuk vegetarian bermunculan dan berbagai perkembangan dalam olahraga yang digadang-gadang sebagai salah satu faktor penunjang untuk tetap sehat dipraktekkan dan berkembang.

Seperti halnya makanan yang masuk dan diolah dan bisa menimbulkan tumpukan lemak atau yang bersifat' sehat' ,demikian juga makanan untuk pikiran atau otak kita.

Memilah dan menyaring bacaan,tontonan yang menyehatkan dan membuat pikiran lebih fresh itu jauh lebih baik daripada melahap semuanya mirip omnivora si pemakan segala pada tipe pemakan jenis makanan.

Pikiran manusia yang diisi dengan input -input muram atau tidak menyenangkan semisal tontonan-tontonan yang memperlihatkan bagaimana perselingkuhan atau mendua itu terjadi,bisa mengendap dalam bawah sadar dan tidak memungkinkan menjadikan seseorang menjadi seorang yang paranoid tentang masalah tersebut.

Membacapun demikian,pilih dan pilah tulisan yang sehat dan tidak melulu mengenai cerita-cerita yang menyesakkan.Yang tidak bikin tiba-tiba ingin marah dan sebagainya.

Memberi makanan pada pikiran seperti halnya memberi makanan pada perut.

Pada pikiran,cerita-cerita lucu dan kocak akan menghasilkan efek kegembiraan begitu juga sebaliknya cerita-cerita tentang hal-hal yang bersifat kelam misalnya tentang kejahatan.

Apabila hidup seseorang sendiri sudah cukup direpotkan oleh tekanan hidup,jangan menambah lagi dengan membaca atau menonton sesuatu yang menambah beban yang tanpa sadar masuk.Memilih menonton ataupun membaca sesuatu yang membuat tertawa itu jauh lebih baik.Bahkan untuk tertawapun sekarang ada seminarnya.

Jika dalam keadaan stak atau suntuk,tulislah sesuatu yang pernah membahagiakan anda misalnya dikejar orang gila..ha..ha..eh dikejar oleh orang yang tergila-gila pada anda dan sekarang menjadi pasangan anda,hanya ilustrasi jangan serius.

Pergilah dan cari angin segar tanpa membayar sebelum pikiran ini penuh.

Kalau bisa pilihlah teman yang bisa mengerti cara bagaimana agar tidak bicara yang melukai anda,yang model clekat-clekit kurangi komunikasinya  kalau bisa,kalau tidak bisa,acuhkan saja anggap saja orang sakit yang harus dimaklumi.

Demikian,yang kurang tambahi sendiri.

Salam

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x