Efi anggriani
Efi anggriani Wiraswasta

Suka bersepeda,suka olahraga jalan kaki,,suka yang positif-positif..baru belajar menulis di masa tua ini.Don't stop me now.(Tidak ada sesuatu yang menghentikan jika ingin berbuat positif).

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Menekan Biaya dan Mempermudah Sistem Administrasi Pengadaan Barang dengan E-Procurement Mbizmarket

16 Mei 2019   06:30 Diperbarui: 16 Mei 2019   08:36 61 9 0
Menekan Biaya  dan Mempermudah Sistem Administrasi Pengadaan Barang dengan E-Procurement Mbizmarket
Dokpri-ilustrasi

Pengadaan barang pada sebuah perusahaan bukan hal yang mudah,terutama pada misalnya sebuah perusahaan jasa pariwisata seperti hotel dari  yang non bintang  ke  bintang lima.

Sebuah perusahaan yang berbasis pada bisnis akan berusaha menekan serendah mungkin biaya produksi tanpa mengesampingkan kualitas barang atau produk tersebut.

Perusahaan jasa pariwisata tadi membutuhkan barang yang bersifat harian,mingguan atau berkala demi berlangsungnya operasional bisnisnya.

Dalam operasionalnya memerlukan sebagai berikut:

1.Yang merupakan produk pertanian atau sayuran,kemudian daging,ikan  dan sebagainya sebagai bahan untuk penyajian makanan  baik di restauran,coffee shop,cafe  maupun room service(pemesanan makanan diantar ke kamar).Produk-produk ini biasanya diadakan atau dibeli  secara harian.

2.Linen,handuk,taplak meja  dan segala macamnya.Pembelian berkala.

3.Elektronik biasanya dibeli sebagai penggantian yang rusak atau berkala diganti model dan segala macam peralatan elektronik demi keberlangsungan operasional bisnis tadi.

4.Kesehatan dan kecantikan,barang-barang yang disediakan untuk tamu di tiap kamar.Juga toiletres.

5.Groceries,kebutuhan lain seperti peralatan kantor pokoknya masih banyak lagi.

6.Otomotif disini termasuk spare part kendaraan .

Masih ada beberapa kategori produk yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa pariwisata tersebut.

Apabila selama ini melakukan pengadaan jasa lewat manual ,berarti ada hampir  atau malah lebih dari 7 supplier alias pemasok barang tergantung kategorinya apa.

Atau juga ada pegawai yang bertugas di bagian purchasing(pembelian barang)yang membeli beberapa barang yang dibutuhkan karena  bersifat mendadak atau vendor tidak bisa menyediakan barang sehingga timbul biaya transport yang menambah  cost dari sebuah barang, serta hal-hal lain yang bersifat semacam manipulatif seperti supplier A ditolak karena komisinya kurang besar padahal barang yang ditawarkan lebih bagus daripada supplier B yang kualitas barang yang dijual lebih jelek tetapi komisinya tinggi .Juga kemungkinan standar barang bernilai besar tidak sesuai dengan yang ada di nota pembelian.

Bagian penerimaan barang bisa saja menurunkan standar penilaiannya karena beberapa hal.

Yang ada pokoknya untuk skala pembelian bernilai besar bisa menjadi semacam proyek .

Administrasi yang bersifat fisik yang bisa hilang ,terselip dan lain sebagainya.

Solusi baru yang muncul bahwa Mbizmarket:Solusi total belanja pengadaan  online untuk  perusahaan berbagai skala .

Kemudian di dunia digital yang makin maju ,dunia online shop semakin deras dari toko online ke customer.

Maka meluncur pula yang namanya Mbizmarket yang berbasis istilahnya B2B Marketplace  atau Business to business.Dari  perusahaan bisnis ke perusahaan bisnis tadi (contoh  hotel).

Lalu apa yang akan terjadi jika perusahaan jasa pariwisata tadi melakukan pengadaan barang lewat online atau e-procurement Mbizmarket.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2